banner-top

Cerita di Balik Foto Messi Mandikan Yamal, Pemain Termuda Euro 2024

Gobet – Pemain muda Timnas Spanyol, Lamine Yamal memberikan penampilan mencengangkan selama Euro 2024. Rekor demi rekor dia pecahkan selama di Euro 2024.

Terbaru adalah ketika ia membantu La Roja, julukan Spanyol, memulangkan Timnas Prancis di babak semifinal Euro 2024 Jerman, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. Ia mencetak gol di menit 21 melalui curve shot indah dari jarak 25 meter yang gagal dibendung kiper Mike Maignan.

Dengan gol itu, Lamine Yamal tercatat sebagai pencetak gol termuda di Euro 2024 pada usia 16 tahun dan 362 hari. Ia mematahkan rekor yang dibuat pemain Swiss, Johan Vonlanthen yang berusia 18 tahun dan 141 hari saat Euro 2004 Yunani.

Selain jadi pencetak gol termuda, Yamal sebelumnya sudah tercatat sebagai pemain termuda yang tampil di Euro hingga pemberi assist termuda.

Dan baru-baru ini beredar foto memperlihatkan Yamal waktu masih bayi dimandikan legenda Argentina, Lionel Messi. Itu bukanlah foto editan, melainkan nyata atau foto sungguhan.

Cerita di Balik Foto Messi Mandikan Yamal

Fotografer lepas AP, Joan Monfort menjadi sosok yang melakukan pemotretan bersejarah itu. Dikutip dari AP, Monfort menceritakan kisah di balik foto yang diambilnya 2007 silam.

“Kami membuat kalender dari UNICEF untuk acara amal tahunan. Maka UNICEF mengadakan undian di lingkungan Roca Fonda di Mataro, tempat keluarga Yamal tinggal. Mereka mengikuti undian untuk berfoto di Camp Nou bersama pemain Barca dan mereka memenangkannya,” buka Monfort.

Joan Monfort bercerita, saat itu, Yamal baru berusia beberapa bulan. Sementara La Pulga, julukan Messi, berumur 20 tahun namun namanya sebagai wonderkid telah diperbincangkan banyak orang.

Cerita di Balik Foto Messi Mandikan Yamal, Pemain Termuda Euro 2024. “Messi itu sangat pemalu,” kenang Monfort.

“Dia keluar dari ruang ganti dan kaget tiba-tiba di depannya ada bak plastik berisi air dengan seorang bayi. Wah rumit saat itu,” sambungnya.

“Messi bahkan tidak tahu bagaimana cara menggendong bayi,” jelas Monfort sambil tertawa kecil.

Waktu berlalu, Lamine Yamal pun menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Yamal disebut bisa jadi penerus Lionel Messi dengan bakat dan potensinya. Sementara untuk Joan Monfort, dirinya sama sekali tidak menyangka kalau fotonya itu sekarang menjadi sensasi.

“Luar biasa, sangat menyenangkan. Sulit untuk menggambarkan perasaan saya karena sensasi dari foto itu,” tutup Monfort yang sudah bekerja jadi fotografer sejak tahun 1991 itu.

Other Articles

Leave a Reply