banner-top

Euro 2024: Prancis ke Semifinal Usai Kalahkan Portugal 5-3 Lewat Adu Penalti

Gobet – Prancis berhasil lanjut ke semifinal Euro 2024. Pada laga perempatfinal Prancis menang lawan Portugal melalui drama adu penalti dengan skor 5-3.

Adu penalti terjadi setelah laga ketat kedua tim yang tersaji di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, berakhir tanpa gol selama 120 menit.

Portugal dan Prancis sama-sama kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing. Beberapa kali bisa dihadirkan, tapi gol belum tercipta.

Ronaldo dan Mbappe, andalan masing-masing tim, belum mendapat momennya di babak pertama. Minimnya suplai bola membuat keduanya kesulitan mengancam.

Salah satu peluang didapat Prancis di menit ke-20. Theo Hernandez melepaskan shot dari luar kotak penalti, tapi bisa diredam Diogo Costa.

Jual beli ancaman mulai terjadi, diawali dengan upaya Kylian Mbappe yang diredam Diogo Costa. Upayanya masih bisa diantisipasi.

Kemudian, Portugal mengancam lewat Bruno Fernandes di menit ke-61. Peluangnya juga digagalkan barisan belakang Prancis.

Dua menit berselang, Vitinha nyaris membawa Portugal unggul. Lewat penetrasi Leao di sisi kiri, bola disodorkan ke Vitinha, yang merangsek ke kotak penalti. Bola langsung disambar. Namun, bisa ditepis Mike Maignan. Bola muntahnya juga tak mampu dimanfaatkan Cristiano Ronaldo seusai sontekan backheel-nya juga dimentahkan Maignan.

Prancis kemudian membalas lewat aksi Ousmane Dembele di menit ke-74. Namun, upayanya cuma kena tiang. Sampai akhirrnya, gol tak hadir hingga 90 menit, dan dilanjutkan ke babak tambahan.

Selama 30 menit masa tambahan, juga belum ada gol tercipta. Portugal vs Prancis harus ditentukan dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan itu, Prancis akhirnya menang dengan 5-3. Satu penendang Portugal, Joao Felix, gagal mengsekusi penalti, sementara semua eksekutor Prancis memasukkan bolanya ke gawang. Prancis unggul 5-3, dan melaju ke semifinal.

Di semifinal, Prancis akan melawan Spanyol. La Furia Roja sebelumnya menyingkirkan tuan rumah Jerman 2-1. Semifinal akan digelar mulai 10 Juli mendatang. Euro 2024: Prancis ke Semifinal Usai Kalahkan Portugal 5-3 Lewat Adu Penalti

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa, Pepe, Ruben Dias, Nuno Mendes, Joao Cancelo (Nelson Semedo 74′), Bruno Fernandes (Francisco Conceicao 74′) Coenciao, Joao Palhinha (Ruben Neves 90+2, Vitinha (Matheus Nunes 119′), Bernardo Silva, Rafael Leao (Joao Felix 105′), Cristiano Ronaldo

Prancis: Mike Maignan, William Saliba, Dayot Upamecano, Theo Hernandez, Jules Kounde, Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga (Youssouf Fofana 90′), N’Golo Kante, Randal Kolo Muani (Marcus Thuram 86′), Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 67′), Kylian Mbappe (Bradley Barcola 105′)

 

Other Articles

Leave a Reply