banner-top

Euro 2024: Swiss vs Jerman Selesai dengan Skor Imbang 1-1

Gobet – Jerman vs Swiss berakhir dengan skor imbang 1-1 lawan Swiss. Dengan hasil ini dipastikan Jerman jadi juara grup dan Swiss ke fase gugur Euro 2024.

Duel Swiss vs Jerman berlangsung di Frankfurt Arena pada Senin (24/6) dinihari WIB. Dan Ndoye membuka skor di babak pertama. Keunggulan Swiss bertahan sampai menit-menit akhir pertandingan.

Drama terjadi di injury time. Pemain pengganti Niclas Fullkrug menciptakan gol balasan sekaligus menandai comeback Jerman.

Satu tambahan angka ini sudah cukup untuk mengantarkan Jerman finis teratas di Grup A. Jerman mengoleksi tujuh poin dari tiga laga, terpaut dua poin dari Swiss, yang menuntaskan fase grup sebagai runner-up.

Peluang pertama baru lahir setelah laga berjalan 11 menit. Umpan silang Maximilian Mittelstaedt dari sayap kiri diterima Kai Havertz di dalam kotak penalti.

Ricardo Rodriguez mengawal ketat Havertz sehingga kesulitan melepaskan tembakan. Keduanya terlibat duel sehingga Havertz jatuh, tapi wasit tidak menganggap pelanggaran.

Setelahnya Manuel Neuer dengan sigap menangkap bola liar di dalam kotak penalti untuk menetralkan serangan Swiss. Euro 2024: Swiss vs Jerman Selesai dengan Skor Imbang 1-1.

Di menit ke-18, wasit menganulir gol Jerman yang diciptakan Robert Andrich dari luar kotak penalti. Pasalnya, Jamal Musiala lebih dulu melakukan hand ball di dalam kotak penalti. Skor masih 0-0.

GOL! Swiss mencuri gol untuk memimpin 1-0 atas Jerman pada menit ke-28. Joshua Kimmich kehilangan bola, Fabian Rieder mengirim umpan kepada Remo Freuler. Dari sisi kiri kotak penalti, umpan silang Freuler diselesaikan Dan Ndoye dengan sontekan ke sisi atas jala gawang Jerman.

Tidak lama kemudian, Swiss nyaris memperbesar keunggulannya. Sepakan keras Ndoye ke arah tiang jauh tidak mampu dijangkau Manuel Neuer, tapi bola melebar tipis dari gawang Jerman.

Peluang bagus diciptakan Jerman. Diawali dari sepak pojok di sayap kiri, umpan silang Toni Kroos ditanduk Antonio Ruediger di depan gawang. Bola melambung.

Selepas turun minum, Jerman terus menggempur pertahanan Swiss demi mencari gol balasan.

Sepakan jarak jauh Jamal Musiala dimentahkan Yann Sommer. Tembakan Ilkay Guendogan dan pemain pengganti David Raum melambung di atas mistar gawang.

Pelanggaran terhadap Raum membuat Jerman dihadiahi tendangan bebas di sayap kiri. Eksekusi Kroos ditinju Sommer, bola rebound diteruskan Leroy Sane dengan tembakan. Bola melenceng.

Ruben Vargas membobol gawang Jerman tapi dianulir karena offside. Jerman merespons dengan peluang bagus dari sundulan Havertz meski bola masih melambung.

Serangan balik berbahaya Swiss diakhiri Granit Xhaka dengan tembakan keras dari luar kotak penalti. Neuer melakukan penyelamatan bagus untuk menghalau bola.

GOL! Jerman akhirnya menciptakan gol balasan di injury time. Crossing Raum dari sisi kiri disambut Niclas Fullkrug dengan sundulan dari tengah kotak penalti. Bola meluncur ke sudut atas gawang Swiss tanpa bisa ditahan Sommer.

Jerman menyamakan skor 1-1 dengan Swiss, yang menjadi skor akhir permainan.

Susunan Pemain

Swiss: Yann Sommer, Akanji, Schaer, Rodriguez, Xhaka, Freuler, Widmer, Aebischer, Ndoye (Amdouni 65′), Rieder (Vargas 65′), Embolo (Duah 65′)

Jerman: Neuer, Ruediger, Tah (Schlotterbeck 61′), Kimmich, Mittelstaedt (Raum 61′), Kroos, Andrich (Beier 65′), Guendogan, Musiala (Fullkrug 76′), Wirtz (Sane 76′), Havertz

 

Other Articles

Leave a Reply