banner-top

Ini Jawaban Taufik Hidayat Ketika Ditanya Perkembangan Sepakbola Indonesia

Gobet – Wamenpora Taufik Hidayat ditanya tentang perkembangan sepakbola Indonesia. Dia berencana tinjau langsung perkembangan secara detail.

Sebagai orang nomor dua di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Taufik bakal membantu peran Menpora Dito Ariotedjo, khususnya dalam meningkatkan prestasi olahraga di kancah internasional.

Nah, salah satu cabang olahraga yang banyak diminati masyarakat Indonesia selain bulutangkis adalah sepakbola.

Ekspektasi masyarakat terharap olahraga tim ini belakangan juga semakin tinggi lantaran keberhasilan Timnas Indonesia di berbagai kejuaraan.

Salah satu di antaranya ialah lolos Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23, sekaligus menjadi sejarah bagi sepakbola Indonesia. Sebab, di ajang itu skuad yang dipimpin Shin Tae-yong juga mencapai semifinal pada kategori kelompok umur.

Timnas Indonesia juga nyaris lolos ke Olimpiade Paris 2024. Jika saja mereka tak kalah dari Guinea U-23 dengan skor 0-1 pada play off antarkonfederasi, mungkin saja Tim Garuda Muda akan bertanding di multievent paling bergengsi sejagat raya pada Juli lalu.

Bahkan, Timnas Indonesia kini juga tengah dalam menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2026 zona Asia. Saat ini, mereka sedang arungi putaran ketiga dan masih akan terus berjuang untuk menjalani laga-laga selanjutnya.

Menyadari itu, Taufik Hidayat mengaku masih sebatas memantau. Apalagi ia juga baru dilantik pada Senin (21/10) dan masih akan menjalani pembekalan bersama Menteri dan Wamen Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, dalam beberapa hari ke depan. Ini Jawaban Taufik Hidayat Ketika Ditanya Perkembangan Sepakbola Indonesia.

“Saya cuma baru lihat saja, detailnya saya belum tahu, mungkin nanti juga dengan Deputi IV bidang Prestasi akan seperti apa, saya akan lihat juga, akan tinjau juga olahraga sepakbola ini,” kata Taufik di Kemenpora.

“Dan kita tahu nanti, kalau memang targetnya Olimpiade 2028 tentu kami akan memprioritaskan cabang-cabang olahraga yang memang ikut di Olympic tersebut,” tuturnya.

“Apalagi yang tadi disampaikan Pak Menteri juga, bahwa target besarnya itu golnya di 2028. Itu target dari Bapak Presiden kita, Pak Prabowo. Dan sebelum itu juga masih banyak kan pertandingan-pertandingan yang memang harus diikuti. Ada SEA Games, ada Asian Games, dan ada yang lain-lainnya juga.”

“Dan untuk tanggung jawab ke depannya seperti apa, pembagiannya, mungkin nanti Pak Menteri juga bilang betul itu, nanti kami akan diskusi setiap hari. Kami enggak mesti yang spesifik harus ini, harus itu, enggak juga. Kami yang akan fleksibel di mana yang memenuhi kebutuhan atlet terutama dan pemudanya,” kata Taufik Hidayat.

 

Other Articles

Leave a Reply