banner-top

Timnas Anggar Indonesia Berlatih di Hongaria Demi Targetkan 2 Emas

Timnas Anggar Indonesia menarget 2 medali emas pada ajang SEA Games 2023. Dan untuk mencapai target itu, Hongaria dipilih jadi tempat pemusatan latihan.

Skuad Timnas Anggar Indonesia memberangkatkan 7 atletnya ke Hongaria pada 1 April 2023. Rencananya mereka akan menjalani Training Camp (TC) atau pemusatan latihan dan juga serangkaian uji coba dengan biaya mandiri dalam rangka persiapan menuju SEA Games 2023, Asian Games 2023 dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Pengiriman Timnas Anggar Indonesia ke Hongaria bukan hanya untuk menghadapi SEA Games 2023 Kamboja, tetapi juga Asian Games 2023 Hangzhou dan babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Ini merupakan program pembinaan jangka panjang PB IKASI dalam upaya mengembalikan kejayaan anggar Indonesia ke depan,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PB IKASI, Dr. Masyhudi SH, MH.

“Saya minta seluruh atlet fokus menjalani program latihan dan memanfaatkan TC di Hongaria sebaik mungkin dalam upaya meraih prestasi di SEA Games 2023 Kamboja nanti,” tambah Masyhudi.

Manajer Timnas Anggar Indonesia, Eka Widiastuti, secara khusus menyatakan mereka ke Hongaria dengan tujuan agar tidak mengulang kejadian di SEA Games 2021 Vietnam, yang mana cabor ini menjadi satu-satunya cabor yang tidak mampu menymbangkan satu medalipun.

Dan di SEA Games 2023 Kamboja ini, kata Eka Widiastuti, Timnas Anggar Indonesia ditargetkan menyumbang 2 medali emas untuk Kontingen Indonesia.

“Sebenarnya kita ditargetkan 1 medali emas tetapi kita berusaha meraih 2 medali emas dari 12 emas yang diperebutkan di Kamboja nanti. Dan, saya yakin target itu bisa dipenuhi apalagi mereka yang diberangkatkan adalah atlet terbaik dan punya potensi ke depan. Mereka hanya butuh pengalaman bertanding internasional lebih banyak saja untuk bisa menjadi yang terbaik,” tegas Eka.

Selama TC di Hongaria, Timnas Anggar Indonesia akan ditangani oleh 3 pelatih asal Hongaria untuk masing-masing jenis senjata.

Setelah TC, mereka akan langsung menuju ke Kamboja untuk bergabung dengan Kontigen Indonesia. Setelah bertanding SEA Games 2023, mereka akan libur selama seminggu dan kembali lagi ke Hongaria untuk persiapan menuju Asian Games 2023 Hangzhou dan mengikuti babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

“Mereka akan kita ikutkan Grand Prix untuk meraih poin dalam upaya meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Makanya, mereka tetap berada di Hongaria agar tidak tertinggal dalam meraih poin di Grand Prix untuk meraih tiket ke Paris,” tegas Eka.

Other Articles

Leave a Reply