banner-top

DPR Setujui Naturalisasi Haye, Oratmangoen, dan Paes, Diharapkan Cepat Ambil Sumpah

Gobet – Komisi III DPR menyetujui naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. PSSI berharap mereka bisa cepat ambil sumpah.

Rapat digelar di ruang rapat Komisi III DPR di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/4/2024). Wamenkominfo yang mewakili Menpora, Nezar Patria; Sekjen PSSI Yunus Nusi; Dirjen AHU Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar; dan wakil dari timnas Indra Sjafrie hadir dalam rapat.

naturalisasi, timnas, pemain, pssi, indonesia

Keputusan mengenai naturalisasi itu dibacakan setelah tiap fraksi menyampaikan pandangannya terkait pemberian warga negara kepada tiga atlet tersebut.

Pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman meminta seluruh anggota fraksi menyatakan sikap apakah menyetujui naturalisasi kepada tiga orang tersebut. Semua fraksi kemudian menyatakan setuju.

“Kami mohon persetujuan dari Komisi III apakah Komisi III dapat menyetujui permohonan pemberian WNI atas nama Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes, kemudian diproses sesuai peraturan perundang-undangan?” tanya Habiburokhman kepada anggota.

“Setuju,” jawab anggota.

Gobet – Lebih lanjut, Habiburokhman mengatakan proses naturalisasi ini akan dilanjutkan dengan pengesahan dalam rapat paripurna dan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ketiga pemain tersebut sudah santer namanya akan segera merampungkan naturalisasi. Thom Haye (29 tahun) merupakan seorang gelandang bertahan, Ragnar Oratmangoen (26 tahun) merupakan seorang penyerang sayap kiri, dan Maarten Paes (25 tahun) merupakan kiper.

Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes diyakini akan memperkuat Timnas Indonesia secepatnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. PSSI harap proses pengambilan sumpah bisa secepatnya.

“Ya pertama ucapkan terima kasih kepada komisi X dan barusan selesai dengan Komisi III, dan sangat menggembirakan, beliau-beliau akhirnya memberikan persetujuan, rekomendasi kepada tiga pemain kami ini. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Ditjen AHU (Administrasi Hukum Umum) mudah-mudahan proses administrasinya cepat selesai,” kata Yunus kepada pewarta.

Senada dengan Yunus, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali berharap setelah proses administrasi selesai, DPR dapat mengirimkan laporan naturalisasi ke Setneg, untuk kemudian dapat dikeluarkan Keputusan Presiden.

“Dari situ proses berikutnya penyumpahan. Yang memungkinkan itu tanggal 12 Maret (ambil sumpah), karena mereka hanya bisa datang tanggal 11 Maret (ke Indonesia), dan itu tidak bisa lama karena mereka masih kompetisi,” ujar Amali.

“Iya ini makanya kami minta percepat (RDP) karena tadinya dijadwalkan tanggal 13 Maret sehingga bisa keburu untuk didaftarkan paspornya untuk melawan Vietnam,” tuturnya.

Gobet – Timnas Indonesia dijadwalkan akan meladeni Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

“Kami berharap begitu (sesuai jadwal). Kan ini bagaimana FIFA segera menyetujui mereka, kalau di FIFA lama juga itu (perpindahan asosiasi), tapi dengan pak Erick saya yakin komunikasinya bagus,” ucap Amali.

DPR Setujui Naturalisasi Haye, Oratmangoen, dan Paes, Diharapkan Cepat Ambil Sumpah. “Tergantung di sininya. Artinya upaya kita hanya itu. Di itu, enggak bisa, lewat momentumnya,” kata Amali ketika ditanya soal optimisme proses naturalisasi rampung.

Other Articles

Leave a Reply