banner-top

Drama Terjadi di Final Sepakbola SEA Games 2023, Baku Hantam Hingga Kartu Merah

Gobet – Banyak hal terjadi di Final Indonesia vs Thailand kemarin (16/5). Drama baku hantam terjadi sampai wasit mengeluarkan banyak kartu kuning dan merah.

Final cabang sepakbola SEA Games 2023 menghadirkan duel Indonesia vs Thailand. Laga berlangsung di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Indonesia berhasil mengakhiri pertandingan dengan medali emas. Garuda Muda juara usai menaklukkan Thailand 5-2 dalam laga yang berlangsung 120 menit. Namun, Drama Terjadi di Final Sepakbola SEA Games 2023, Baku Hantam Hingga Kartu Merah.

Belasan kartu keluar dari kantung wasit, termasuk tiga kartu merah untuk Thailand dan satu untuk Indonesia. Tensi panas merambat hingga ke pinggir lapangan. Keributan pecah saat Indonesia mencetak gol ketiga pada awal babak tambahan.

Salah satu yang drama terjadi adalah Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, jadi korban pemukulan ofisial Thailand dalam laga final SEA Games 2023. Dia sampai harus dipapah keluar dari keributan.

Komang Teguh, yang geram melihat Sumardji diserang, balik memukul belakang kepala salah satu pemain Thailand. Pemain Indonesia itu kemudian adu jotos dengan dua pemain lawan, termasuk kiper Thailand. Keduanya berakhir sama-sama dihukum kartu merah.

Sumardji angkat bicara soal ribut-ribut di laga Indonesia vs Thailand. Dia mengaku saat itu hendak melerai keributan, tapi malah didorong dan dipukul ofisial Thailand. Berikut kronologinya.

“Jadi itu setelah awal pertamanya kita kebobolan 2-2. Dari ofisial Thailand melabrak ke kita. Sudah, kita reda,” kata Sumardji kepada wartawan di Kamboja.

“Sebenarnya saya berniat membantu meleraikan, tapi yang dipukul malah saya. Namun saya tidak masalah karena ini adalah bagian dari pertarungan,” kata Sumardji, dikutip dari media Thailand Thairath.

Sumardji sudah mengidentifikasi dan mengetahui siapa pelaku pemukulan terhadap dirinya. Tapi ia mengaku tak mau memperpanjang masalah ini.

Ofisial Thailand akhirnya meminta maaf atas aksinya menyerang manajer Indonesia, Sumardji. Dirinya menangis dan mereka saling berpelukan.

Dalam video yang beredar, terlihat ofisial Thailand mendatangi Sumardji yang turut bersama staf pelatih Bima Sakti, dan pelatih Indra Sjafri. Ofisial yang diyakini pelaku pemukulan tersebut langsung menangis dan memeluk Sumardji.

“I’m sorry,” katanya terbata-bata.

Ofisial tersebut turut menyalami Bima Sakti dan Indra Sjafri. Kubu Indonesia pun menyambut dengan hangat dan Sumardji juga turut memberikan pelukan. Sumardji tampak tidak mempermasalahkan lebih jauh, pun tensi tinggi tidak terhindari pada laga puncak kompetisi. Asosiasi sepakbola Thailand kabarnya akan mengirim surat resmi permintaan maaf secara resmi.

Tidak hanya ofisial Thailand yang meminta maaf, tapi ada juga kiper Thailand yang tonjok Komang Teguh juga meminta maaf di social medianya.

“Halo, saya Tep Sophonwit Rakyai, penjaga gawang timnas Thailand SEA Games 2023. Jika ada foto saya yang bermasalah dengan pemain Indonesia, saya harus menerima ini sebagai kesalahan yang ceroboh. Pertama-tama saya harus meminta maaf kepada rekan tim dan staf pelatih, dan yang paling penting, semua penggemar sepakbola Thailand,” tulisnya di Facebook.

“Dalam hal ini, pemain Indonesia berlari untuk memukul rekan satu tim saya. Saya berdiri melihatnya, dan membuat gerakan mengejek. Setelah selesai meninju, dia berlari ke kelompok yang kacau dan terus menyerang yang lain. Saya akui saat dia meninju teman saya, saya tidak bisa menahan diri. Ada banyak tekanan dalam situasi itu (Ini kesalahan pribadi saya menggunakan emosi) membuat teman-teman dan penggemar sepakbola lelah melihatnya.”

“Semua orang Thailand pasti tidak puas dan kecewa. Saya minta maaf kepada keluarga dan orang-orang yang mendukung saya dalam segala hal. Acara ini akan memberi saya pengalaman yang tak terlupakan yang pasti tidak akan terjadi lagi dari saya. Namun Saya tidak punya alasan selain meminta maaf dan menerima kesalahan ini, dan siap menerima untuk diusut,” tulisnya.

Soponwit Rakyart dan Komang Teguh sendiri dikartu merah dalam insiden itu. Indonesia kemudian memastikan kemenangan 5-2 atas Thailand, dan merebut emas SEA Games 2023 Kamboja.

Other Articles

Leave a Reply