banner-top

FIFA Akan Datang untuk Uji Coba VAR di Indonesia Awal Maret

Gobet – Rencananya FIFA akan hadir dan memantau langsung trial Video Assistant Referee (VAR) di Indonesia. Kesiapan peralatan dan SDM akan dinilai langsung.

var, liga 1, pssi, pertandingan, laga

Persiapan pemakaian VAR saat ini tengah memasuki fase akhir yaitu tahapan simulasi yang digelar di Lapangan JSI Resort, Jawa Barat. Simulasi VAR ini berlangsung pada 15 – 20 Februari 2024.

Pada tahapan ini, para wasit dan asisten wasit / VAR dan AVAR yang telah lolos dari tahapan seleksi akan menjalani simulasi melalui pertandingan langsung. Di lapangan juga disediakan ruang operasi video (VOR) dan layar monitor di pinggir lapangan.

“Seluruh perangkat pada uji coba ini persis seperti yang digunakan di Piala Dunia U-17 kemarin,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam pernyataannya.

“Alat dari Hawk-Eye yang akan dipakai di kompetisi domestik, memang sama seperti yang digunakan pada event besar FIFA, maupun kompetisi liga di negara-negara lain,” ujarnya menambahkan.

Gobet – Tahapan simulasi VAR ini dilakukan sebelum memasuki babak berikutnya yang tidak kalah penting, yaitu trial yang dilakukan oleh FIFA. Perwakilan FIFA rencananya akan hadir pada 1-8 Maret 2024.

“Progres mulai dari stage pertama sampai hari ini sangat bagus. Hanya memang, ketersediaan SDM kita ini yang perlu digali lebih banyak dan diperkaya. Nanti kami akan melakukan beberapa tahapan trial sesuai yang telah dilakukan dalam training. Jadi intinya semua sudah oke,” tutur Ferry Paulus.

Ratu Tisha, selaku Wakil Ketua Umum PSSI berkomitmen untuk terus mengembangkan SDM yang dibutuhkan. Sekarang ini baru ada 13 wasit dan 22 asisten wasit (VAR/AVAR) yang telah lolos seleksi batch 1.

Gobet – Sebelum mereka dilepas, mereka akan jalani uji coba yang dipantau FIFA. Uji coba VAR akan jadi salah satu rangkaian dalam seleksi juga. Untuk bisa menambah kuantitas dan kualitas SDM wasit di Indonesia.

“Jadi kami memastikan wasit yang dilepas ke VAR benar-benar siap. Tidak berhenti sampai sana, kami juga akan menggelar training batch 2 dan 3, yaitu sisa wasit dari 13 dan 22 orang (lolos seleksi batch 1) ini, plus 24 dan 48 wasit Pegadaian Liga 2 yang ada saat ini,” kata Ratu Tisha.

FIFA Akan Datang untuk Uji Coba VAR di Indonesia Awal Maret. “Ke depannya, VAR akan masuk ke dalam rangkaian seleksi wasit. Biasanya dalam refreshment itu dilakukan fitness test, FIFA law of the game, video test. Nah nantinya akan ada VAR test juga. Jadi rangkaiannya akan jadi satu setiap tahun,” tambahnya.

Other Articles

Leave a Reply