banner-top

Greysia Polii Jadi Komite Eksekutif KOI, Ini Misi nya

Gobet – Greysia Polii mengemban tugas penting di Olahraga Indonesia. Tugas Komite Eksekutif (KE) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dari perwakilan atlet.

Tak hanya sendiri, Greysia bersama dengan mantan atlet lainnya yaitu Akbar Nasution dari cabang olahraga renang. Greysia dilantik untuk periode jabatan 2024-2027 dalam acara Rapat Anggota sekaligus Kongres Luar Biasa KOI di Hotel Fairmont, Jakarta pada 8 Maret lalu.

Peraih medali emas ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu ini menceritakan awal mula dirinya ditunjuk sebagai anggota KE oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

“Sehari sebelum dilantik, saya dihubungi oleh pak Okto dan diminta untuk jadi komite eksekutif NOC Indonesia (KOI) Lalu saya pikir, inilah saatnya saya bisa giving back to the society dan berkontribusi untuk dunia olahraga Indonesia, jadi saya terima tugas ini,” ucap Greysia.

Greysia menjelaskan tugas utamanya adalah mewakili suara para atlet dari semua cabang olahraga di Indonesia. Sebagai perpanjangan tangan atlet-atlet Indonesia, Greysia bertugas menyampaikan aspirasi dan menjembatani suara atlet kepada KOI, memberikan pendapat dan masukan mengenai pembinaan atlet Indonesia serta menjadi perwakilan atlet Indonesia di IOC (International Olympic Committee).

Latar belakang Greysia sebagai mantan atlet membuatnya dinilai bisa menginspirasi dan memahami lebih dalam manis-pahitnya dunia atlet.

“Jadi atlet itu tidak mudah, tapi saya berharap setiap atlet bisa memaksimalkan potensi dan melewati batasan-batasan dalam diri mereka. Namun, atlet tidak bisa berjuang sendirian, oleh karena itu, dukungan untuk atlet dalam perjuangan mereka meraih prestasi, adalah hal yang sangat penting,” Ujar Greysia.

“Menjadi sebuah kehormatan buat saya bisa mewakili suara teman-teman atlet. Ini menjadi tugas sekaligus tantangan buat saya, semoga saya bisa menjalankan amanat ini dengan baik, membawa perubahan positif, serta menjadi bagian dalam Olympic Movement untuk generasi selanjutnya,” tambahnya.

Selain diminta untuk mewakili atlet-atlet Indonesia, sebelumnya Greysia juga terpilih menjadi Chair of Athlete Commission di bawah naungan Badminton World Federation (BWF). Greysia menjadi ujung tombak para pebulutangkis elit dunia dalam menyampaikan aspirasi mereka kepada federasi bulutangkis dunia.

Dalam persiapan Road to Paris 2024, Greysia menjadi salah satu dari deretan olympic gold medalists yang menjadi mentor tim bulutangkis Indonesia.

“Soal harapan di Olimpiade Paris 2024, saya selalu optimis karena tidak ada yang tidak mungkin. Apalagi di panggung sebesar Olimpiade, apapun bisa terjadi, yang penting kita harus berjuang maksimal dan berpikir positif,” ucapnya.

Other Articles

Leave a Reply