banner-top

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Championship League Asia

Gobet – Indonesia jadi tuan rumah babak Kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) bersama Mongolia. Ajang ini akan mulai 3 April 2024.

basket, tuan rumah, pertandingan, laga, turnamen

“Babak pertama kualifikasi Basketball Champions League (BCL Asia) akan berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia, sedangkan babak kedua akan berlangsung di Jakarta, Indonesia,” demikian bunyi pernyataan FIBA Regional, Kamis (29/2/2024), seperti dikutip detikSport.

Gobet – Basketball Champions League Asia (BCL Asia), sebelumnya dikenal sebagai FIBA Asia Champions Cup, akan memulai debutnya tahun ini. Kompetisi ini akan diikuti oleh 8 klub terbaik di Asia.

Kualifikasi di Mongolia dan Indonesia ini akan menjadi ajang memperebutkan tiket ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia). Tim yang lolos akan bergabung dengan tim-tim juara dari Jepang (B.League), Korea (KBL), China (CBA League), dan Filipina (PBA). Selain itu, ada dua klub dari FIBA West Asia Super League.

“Membentuk kompetisi klub internasional merupakan salah satu prioritas strategis FIBA untuk siklus 2023-2027, dan kami senang dapat melangkah maju ke arah ini,” kata Direktur Eksekutif FIBA-Asia, Hagop Khajirian.

“Kualifikasi ini tidak hanya akan menampilkan yang terbaik dari bola basket Asia Timur dan Asia Tenggara, tetapi juga akan memberikan platform bagi klub untuk bangkit dan bersaing di kompetisi klub tertinggi di Asia,” tambahnya.

Kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) merupakan kompetisi untuk klub-klub Asia Timur dan Asia Tenggara, yang akan dibagi menjadi dua babak.

Gobet – Babak pertama di Ulaanbaatar dijadwalkan berlangsung pada 3-7 April 2024. Total delapan klub dari Asia Timur dan Asia Tenggara akan ikut serta.

Adapun Mongolia dan Indonesia akan diwakili masing-masing dua klub dan mereka akan bergabung dengan juara liga dari Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Delapan klub tersebut dibagi rata ke dua grup dan disusun sesuai peringkat FIBA.

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Championship League Asia. Tim teratas dari masing-masing grup akan maju ke Babak 2, sementara tim yang berada di posisi kedua dan ketiga di setiap grup akan bertanding untuk menentukan 2 tempat tersisa untuk Babak 2.

Babak 2, yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 23-26 April, akan dimainkan dengan format single-round robin, dan dua klub teratas akan lolos ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia).

Other Articles

Leave a Reply