banner-top

Indra Sjafri Dipilih Melatih Timnas untuk SEA Games 2023, Ini Alasannya

Indra Sjafri dipilih PSSI melatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Ini murni keputusan federasi karena Shin Tae-Yong melatih Piala Dunia U-20 2023.

Keputusan ini murni keputusan federasi dan Shin Tae-yong tidak terlibat karena SEA Games akan digelar pada 5 – 17 Mei yang sangat mepet dengan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei – 11 Juni. Dan Shin Tae-yong tidak mungkin menangani dua tim pada pertandingan yang digelar berdekatan itu.

Yunus Nusi menjelaskan, Shin Tae-yong diminta untuk fokus menyiapkan Timnas U-20 saja karena Timnas U-20 akan lebih dulu bermain di Piala Asia U-20 2023 pada 1 – 18 Maret di Uzbekistan.

Ajang itu juga bisa menjadi persiapan yang bagus untuk Timnas U-20 dalam mematangkan tim menuju Piala Dunia U-20. Sudah 30 pemain yang dipanggil untuk menjalani Pemusatan Latihan atau TC uang akan digelar dari awal hingga akhir Februari.

Dan juga Indra Sjafri dianggap sebagai sosok terbaik untuk menggantikan Shin Tae-yong. Timnas U-23 ditargetkan berprestasi pada SEA Games nanti setelah sekian lama tidak bertanding.

“Ada program Kemenpora dan KOI, untuk pelaksanaan SEA Games, sepakbola menjadi cabang yang memiliki target emas,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan, Rabu (1/2/2023).

“Bagi kami ini sangat berharga karena ada program itu. Maka PSSI, timnas diharapkan segera mempersiapkan diri untuk meraih target itu. PSSI memutuskan memilih Indra Sjafri sebagai pelatih SEA Games,” ujarnya menambahkan.

“Tidak ada campur tangan Shin Tae-yong (penunjukkan Indra Sjafri), dia diberikan tanggung jawab penuh untuk Piala Dunia dan Piala Asia senior,” tutur Yunus Nusi.

“Sehingga SEA Games karena waktu bersamaan, PSSI berharap Shin Tae-yong fokus untuk persiapan Piala Asia Maret U-20, Piala Dunia Mei, biarlah ini menjadi tanggung jawab Indra Sjafri,” ucapnya.

Other Articles

Leave a Reply