banner-top

Irak Juga Menolak Tanding Lawan Israel di Piala Dunia U-20

Penolakan terhadap Israel untuk Piala Dunia U029 2023 tidak hanya terjadi di Indonesia. Timnas Irak U-20 kabarnya juga menolak tanding lawan Israel.

FIFA membatalkan drawing atau pengundian grup Piala Dunia U-20 2023. Rencananya drawing akan dilakukan di Bali pada 31 Maret.

Pembatalan ini juga menyusul rangkaian protes kepada Israel yang jadi peserta turnamen. Penolakan tersebut bernuansa politik, Israel menjajah wilayah Palestina.

Protes dan penolakan di Indonesia turut jadi perhatian Israel. Sejumlah media Israel menyebut pembatalan drawing diambil FIFA karena adanya penolakan kepada timnas mereka.

Pada Media Israel, inn.co.il, yang menyebut penolakan tidak hanya datang dari Indonesia saja. Timnas Irak U-20 juga menolak bertanding melawan Timnas Israel U-20.

Irak dan Israel bisa ditempatkan di grup yang sama pada Piala Dunia U-20 2023. Karena mewakili Federasi Asia / AFC masuk di pot 3, dan Israel mewakili UEFA berada di pot 4.

Irak juga tidak punya hubungan diplomatik resmi dengan Israel. Pasukan Irak yang bersama negara-negara Arab juga terlibat dalam perang melawan Israel pada 1948.

Penolakan terhadap Israel ditanggapi keras oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Jokowi meminta masyarakat tidak mencampuradukkan olahraga dengan politik.

Indonesia sebenarnya masih berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 ini tidak berpindah ke negara lain.

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, pada Selasa (28/3) berangkat ke Doha untuk bertemu FIFA dan membahas masalah ini.

Other Articles

Leave a Reply