banner-top

Juara Piala Asia 2023, Qatar Menang 3-1 Lawan Yordania

Gobet – Piala Asia 2023 sudah selesai. Qatar akhirnya memenangkan Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Yordania 3-1.

Final Piala Asia 2023 berlangsung di Stadion Lusail pada Sabtu, 10 Februari 2024. Saat menit awal yaitu menit ke-7 ada peluang bagus melalui Akram Afif. Namun tendangannya mampu digagalkan kiper Yordania, Yazeed Abulaila.

Kemudian Afif dapat peluang emas di menit ke-8. Dia sukses mengecoh barisan belakang Tim Yordania, tapi sayangnya tembakannya bisa dibaca kiper Yordania.

piala asia 2023, juara, champion, pemenang, piala asia, qatar

Pada menit ke-16, Yordania yang kini memberi ancaman. Yazan Al-Naimat melepaskan tembakan yang keras dari tepi kotak penalti, tapi berhasil dihadang kiper Qatar, Meshaal Barsham.

Pelanggaran Abdallah Nasib untuk Afif yang merangsek masuk kotak penalti membuat wasit memutuskan tendangan penalti. Yang jadi eksekutor adalah Afif sendiri, dengan tendangan yang tepat berhasil mencetak gol dan skor jadi 1-0.

Gobet – Qatar tidak puas jika hanya 1 gol saja. Lucas Mendes nyaris mencetak gol lagi setelah menerima sepak pojok dari Afif ketika menit ke-31. Tapi sundulannya dihadang Abulaila, kiper Yordania.

Yordania terus menekan ketika sisa waktu babak pertama. tapi tembakan jarak jauh Nizar Al-Rashdan di menit ke-45 melambung ke atas gawang. Lalu upaya Mousa Al- Tamari juga digagalkan Barsham saat injury time babak pertama.

Saat babak kedua, Yordania makin menekan Qatar. Ali Olwan memberikan tendangan salto saat menit ke-55. Tapi menuju samping gawang. lalu 3 menit selanjutnya, kerjasama yang bagus berujung tembakan keras Ehsan Haddad lagi-lagi gagal masuk ke gawang lawan.

Yordania masih tetap menekan. Yazan Al-Arab dapat peluang lewat sepak pojok di menit ke-60, namun tembakannya berhasil ditepis Barsham. Dan 2 menit kemudian ada upaya Al-Tamari yang tetap digagalkan oleh Barsham.

Gobet – Yordania akhirnya mencetak goi pada menit ke-67. Yazan Al-Naimat dengan cermatnya kontrol umpan lambung Haddad di kotak penalti, dan menembak bola ke gawang. Skor imbang 1-1.

Skor tersebut hanya bertahan sebentar. Qatar kembali dapat penalti saat menit ke-71. Setelah tinjuan tayangan ulang yang dilakukan wasit dan menyatakan Mahmoud Al-Mardi telah melanggar Ismaeel Mohammad ketika di kotak terlarang.

Kini kembali Afif yang jadi eksekutor dan gol terjadi. Ini merupakan gol kedua kalinya Afif di Final. Qatar memimpin 2-1 atas Yordania.

Di menit ke-83 Afif berusaha cetak gol melalui tendangan bebas, tapi sayangnya bila ke sudut gawang dan bisa dihadang oleh kiper Yordania. Juara Piala Asia 2023, Qatar Menang 3-1 Lawan Yordania

Saat menit ke 90+5, pelanggaran Abulaila terhadap Afif membuat Qatar melakukan tendangan penalti lagi. Afif kembali jadi eksekutor penalti lagi. Dan berhasil mencetak gol untuk ketiga kalinya.

Dengan hasil tersebut, Qatar memenangkan pertandingan 3-1 dengan tendangan penalti dari Afif. Ini jadi gelar beruntun Juara Piala Asia 2023 setelah mereka raih sebelumnya edisi ke 2019.

Susunan Pemain Final Piala Asia, Qatar vs Yordania

Yordania: Yazeed Abulaila, Abdallah Nasib, Yazan Al-Arab, Salem Al Ajalin, Ehsan Haddad, Nizar Al-Rashdan, Noor Al Din Rawabda, Mahmoud Al-Mardi (Saleh Ratib 81′), Mousa Suleiman, Yazan Al-Naimat, Ali Olwan (Anas Al Awadat 90+5′).

Qatar: Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Almahdi Ali (Boualem Khoukhi 81′), Tarek Salman, Mohammed Waad, Hasan Al Haydos (Abdel Aziz Hatem 53′), Ahmed Fathi, Jassem Gaber (Ali Asad 53′), Yusuf Abdurisag (Ismaeel Mohammad 63′), Akram Afif, Almoez Ali.

Other Articles

Leave a Reply