banner-top

Launching Maskot Piala Asia 2023, Ada Tarian asal Indonesia

Gobet – Maskot Piala Asia 2023 sudah diluncurkan dengan nama Jerboa. Ada tarian Indonesia, Leggang Nyai dari Betawi saat Launching.

Peluncuran Jerboa ini sudah dilakukan pada 1 Desember 2023 di Musheireb Downtown, Doha, Qatar. Rangkaian acara pun digelar ditempat tersebut.

piala asia, piala asia qatar, maskot

Jerboa merupakan keluarga dari 5 hewan pengerat gurun. Zkriti dan Traeneh adalah orang tuaya sedangkan anak-anaknya bernama Sabooh, Tmbki dan Freha.

Salah satu hiburan yang ditampilkan saat peluncuran maskot Piala Asia 2023 adalah Tarian dari Indonesia, Tarian Lenggang Nyai. Yang ditampilkan oleh kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya.

“Ini adalah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua kelompok tari di Qatar mendapatkan kesempatan ini. Bahkan tidak semua kontestan Piala Asia mendapat peluang ini. Pihak penyelenggara melakukan kurasi dengan ketat.” kata Margie Azis, Ketua Sanggar Puspa Qinarya

Puspa Qinarya adalah salah satu kelompok tari yang telah banyak terlibat dalam menampilkan tarian Indonesia di Qatar. Kelompok ini misalnya tampil dalam ajang Flag Plaza Festival, yang merupakan festival dalam rangka menyambut Piala Dunia tahun lalu.

“Kami akan memanfaatkan setiap jengkal pagelaran Piala Asia untuk melakukan promosi Indonesia di Qatar”, ungkap Duta Besar RI di Qatar, Ridwan Hassan.

Gobet – Indonesia sendiri telah menyiapkan serangkaian kegiatan promosi dalam rangka menyambut pesta sepakbola terbesar se-Asia tersebut. Seperti pagelaran tari dan mini turnamen olahraga.

Piala Asia 2023 akkan berlangsung pada 12 Januari – 10 Februari 2024. Indonesia berada di Grup D, bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Dan nanti pertandingan pertama, Indonesia akan lawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan pada 15 Januari 2024.

Other Articles

Leave a Reply