banner-top

Lemparan Arhan Bisa Jadi Senjata Indonesia, Jepang Lemah Bola Atas

Gobet – Timnas Jepang lemah di bola atas dengan 4 kali kebobolan dari situasi ini. Lemparan Pratama Arhan bisa jadi senjata Timnas.

Jepang vs Indonesia akan bertanding di laga Grup D di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1). Laga ini akan jadi laga terakhir sekaligus laga hidup dan mati kedua tim ini untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

piala asia, jepang, indonesia, timnas, fifa, pssi

Timnas Jepang saat ini ada di runner-up klasemen Grup D Piala Asia 2023. Sedangkan Indonesia di posisi ketiga. Mereka punya poin yang sama, yaitu 3 poin. Sehingga di pertandingan nanti, mereka harus menang salah satu untuk bisa mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Gobet – Timnas Jepang jelas lebih unggul untuk dapat bisa menang di pertandingan ini. Karena mereka merupakan unggulan pertama di Piala Asia 2023.

Dan dari ranking FIFA, Jepang berada di ranking ke-17 sedangkan Indonesia di posisi ke 146. Ini terpaut begitu jauh.

Walaupun begitu, Jepang bukannya tanpa kelemahan yang bisa di eksploitasi Indonesia. Vietnam dan Irak sudah membuktikan bahwa Jepang tidak sepenuhnya superior.

Vietnam kemarin kalah 2-4 lawan Jepang di laga pertama bisa mencuri 2 gol. Dan Irak bisa menang lawan Jepang dengan skor 2-1. Hal ini membuat Jepang harus mati-matian saat menghadapi Indonesia nanti.

Melihat dari 2 pertandingan Jepang sebelumnya, lini pertahanan jelas jadi titik lemah pasukan Hajime Moriyasu. Mereka sudah kebobolan 4 gol hanya dari 2 pertandingan.

Lebih spesifik lagi proses 4 gol ke gawang Jepang ini dibilang mirip yaitu bermula dari duel udara. Gol pertama Vietnam dari sundulan dari sepak pojok sebelumnya. Lemparan Arhan Bisa Jadi Senjata Indonesia, Jepang Lemah Bola Atas.

Gol kedua juga situasi bola mati. Kali ini sundulan Bui Hoang Viet Anh menyambut tendangan bebas bisa ditepis Zion Suzuki bola kemudian disambar Pham Tuan Hai menjadi gol.

Kondisi serupa terjadi di laga melawan Irak. Dua gol Irak lahir dari sundulan Aymen Hussein. Dua bek tengah Jepang Ko Itakura dan Shogo Taniguchi kerap kali kecolongan dalam duel udara. Dikutip dari SofaScore, Itakura tiga kali kalah duel udara dari sembilan duel yang dilakukan. Sementara, Taniguchi dua kali kalah duel dari lima duel yang dijalani di laga melawan Irak.

Selain itu, Zion Suzuki selaku kiper Timnas Jepang, tak cukup baik memotong umpan silang. Ia hanya sekali bisa memotong umpan silang di dua laga awal Jepang di fase grup.

Gobet – Kelemahan Jepang tersebut tentu harus bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia. Situasi bola mati bisa dimanfaatkan untuk memaksakan Jepang duel udara.

Dan Para bek Indonesia dengan fisik cukup baik bisa maju membantu serangan dalam situasi ini. Lemparan jauh Pratama Arhan juga bisa jadi senjata mematikan. Lemparan Arhan tentu bakal menyulitkan bagi bek Jepang yang tak terlalu baik dalam duel atas serta Suzuki yang tak cakap mengamankan bola silang.

Other Articles

Leave a Reply