banner-top

Liga 1 2023 Akan Mulai Juli 2023 Sampai April/Mei 2024

PSSI ingin Liga 1 2023 akan digelar mulai 1 Juli besok dan akan berjalan selama 10-11 bulan. Untuk targetnya, kompetisi akan digelar April atau Mei 2024.

Dengan panjang jadwal kompetisi ini disiapkan agar pemain bisa disisipi rehat saat Timnas Indonesia bertanding di pentas Internasional. Jadi diharapkan tidak ada bentrok lagi antara klub dengan kepentingan Timnas.

Adapun Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong termasuk Timnas U-23, dan sudah banyak ditunggu banyak agenda sampai awal tahun 2024. Mulai dari FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Asia U-23, Asian Games, hingga Piala Asia 2023.

“Saya sudah meminta liga (PT Liga Indonesia Baru), kembali untuk mulai memaparkan jadwal (Liga 1) minggu depan. Sebelumnya kami sepakati 1 juli berakhir April (2024),” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Mungkin bergeser sedikit (jadwal Liga 1) karena di tahun depan di bulan Januari (2024) ada Piala Asia di Qatar. Nah, liga (PT LIB) tidak keberatan kalau kompetisi dari Juli (2023) sampai Mei (2024),” ujarnya menambahkan.

Jika berjalan sesuai rencana, jadwal kompetisi ini terbilang ideal. Klub bisa banyak dapat waktu rehat di tengah-tengah agenda Timnas Indonesia.

Masalah bentrok jadwal kompetisi dengan agenda Timnas Indonesia selalu jadi momok selama ini. Jika kompetisi dimulai lebih awal, banyak waktu-waktu kosong yang bisa digunakan untuk rehat kompetisi.

“Itu supaya pemain bisa ditarik semua. Memang konteksnya seperti Asian Games tidak masuk kalender FIFA. Itupun mulai minggu depan kami akan berkirim surat juga kepada pemain yang bermain di luar negeri. Kami tidak boleh mendadak memanggil mereka,” tutur Erick Thohir.

“Klub di dalam dan luar negeri harus punya persiapan, mereka mau punya prestasi. Inilah mengapa perlu merapikan jadwal timnas, liga, pembentukan Timnas U-23 untuk menyiapkan diri dengan kalender yang ada,” ucapnya.

Other Articles

Leave a Reply