banner-top

Optimis Tenis Meja Indonesia Main di SEA Games 2023

Menpora Dito optimis tenis meja Indonesia tampil di SEA Games. Tunggu persetujuan administrasi dari Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC).

Hal tersebut disampaikan Dito setelah mengukuhkan di Halaman Kantor Kemenpora, Jakarta ada Selasa, 2 Mei 2023. Ada 4 atlet tenis meja yang ikut serta dalam upacara pengukuhan tersebut.

“Secara administrasi di sini sudah lengkap dan siap. Ini tinggal administrasi di Kamboja saja. Insya Allah kita perjuangkan, semoga keempat atletnya bisa lolos semua. Insya Allah kami optimistis,” kata Dito.

Yenis meja jadi salah satu cabor yang sempat bermasalah lantaran dualisme kepengurusan, antara kepemimpinan Komjen Pol (Purn) Oegroseno dan Peter Layardi Lay. Hal itu berdampak pada pengiriman atlet ke SEA Games.

Untuk jelang SEA Games 2023 Kamboja, Menpora Dito mengambil inisiatif untuk menyelesaikan persoalan 2 kepengurusan tersebut. Akhirnya pada 19 April kemarin, kedua belah pihak sepakat menyerahkan masalah tersebut kepada Menpora Dito.

“Jadi kan memang situasional ya tenis meja ini. Seperti kita tahu, Alhamdullilah baru ada titik temu tuh sekitar dua pekan kurang, dan alhamdulilllah kita langsung mengadakan review khusus untuk tenis meja ya,” Dito menjelaskan.

“Kontingen tenis mejanya sudah siap, memang tinggal masalah administrasi di Camsoc, ini kami sedang mediasi dan advokasi juga,” tambahnya.

Desriyanto selaku Manajer Tim Tenis Meja mengungkapkan kepastian para atletnya berangkat itu pada Senin 1 Mei malam. Namun sebelumnya mereka sudah mempersiapkan Rafanael Nikola Niman (putra), Hafidh Nuur Annafi (putra), Novida Widarahman (putri), dan Siti Aminah (putri).

“Kami baru dapat kepastian kabarnya itu tadi malam, last minute. Tapi kalau atlet sudah dipersiapkan dari awal. Kami sudah melakukan evaluasi dengan KOI, begitu juga dengan entry by name sudah dikirim ke CAMSOC,” kata Desriyanto.

“Kami juga sudah melakukan review, (datanya) sudah kami kirim. Data teknis, fisik, prestasi yang dicapai dikejuaraan internasional. Terakhir di Bangkok,” jelasnya.

Other Articles

Leave a Reply