banner-top

Perbasi Memanfaatkan IMS dengan Perbanyak Kejuaraan Internasional

International Multifunction Stadium (IMS) dipersiapkan untuk Piala Dunia Basket 2023. Setelah itu, PP Perbasi akan memperbanyak agenda internasional.

Tampaknya PP Perbasi tidak ingin menyia-nyiakan fasilitas IMS, karena mereka bakal memperbanyak agenda atau pertandingan internasional. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, selesai melakukan tinjauan ke pembangunan IMS pada Rabu (8/2/2023).

Arena stadion yang bertempat di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dan memiliki kapasitas sekitar 16 ribu kursi tersebut dibangun pemerintah Indonesia untuk menggelar FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023 pada 10 September 2023 mendatang.

Timnas Indonesia tidak akan tampil dalam pertandingan dunia tersebut karena tidak lolos setelah melalui sejumlah kesempatan. Walaupun tidak lolos, Indonesia sangat serius menyambut perhelatan akbar sebagai tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

“Dulu kita enggak punya venue seperti ini, sekarang jadi punya. Setelah FIBA World Cup, kami akan memperbanyak agenda-agenda internasional,” kata Nirmala kepada pewarta.

“Sayang sudah punya venue begini tapi kita enggak punya banyak kompetisi internasional, padahal itu membawa manfaat besar buat Timnas kita,” lanjutnya.

Hal seperti itu juga disampaikan oleh Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso. Buatnya, tidak ada alasan bagi para pebasket Indonesia untuk tidak mampu berprestasi.

“Dengan adanya venue ini pemain sudah enggak ada alasan lagi. Dari Perbasi, kami benar-benar memikirkan tidak hanya tanding, tapi juga latihan, dan weight train, serta recovery, dan hal itu yang selama ini jadi kendala,” ujarnya.

“Sekarang Indonesia sudah punya arena berstandar FIBA, saya rasa medali emas di SEA Games harus dipertahankan, harus jadi standar Indonesia, karena sudah ada fasilitas dari pemerintah harus jaga dan lebihi prestasi itu,” kata Jeremy.

IMS atau Indoor Multifunction Stadium diperkirakan akan selesai pada Juni 2023. Sebelum digunakan Piala Dunia Basket 2023, rencananya akan ditest terlebih dahulu dengan menggelar event bola basket.

Untuk saat ini, tim yang sudah dipastikan bertanding di Indonesia adalah Kanada. Sementara sisa tim lainnya akan diketahui pada undian di 29 April 2023.

Other Articles

Leave a Reply