banner-top

PSSI Usahakan 3 Pemain Naturalisasi Ambil Sumpah 13 Maret

Gobet – PSSI usahakan Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On untuk ambil sumpah WNI pada 13 Maret 2024.

Mereka bertiga masuk dalam daftar panggilan Timnas Indonesia berkekuatan 28 pemain. Padahal ketiganya belum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) karena proses naturalisasinya belum beres.

Timnas Indonesia akan menggelar persiapan mulai 17 Maret mendatang untuk menghadapi Vietnam. Duel melawan Vietnam pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar dua kali pada 21 Maret dan 26 Maret.

“Karena deadline pendaftaran tanggal 13 Maret, sedangkan tanggal 11 Maret itu sudah libur. Jadi kami lagi coba ini dimaksimalkan dan kalau bisa tanggal 13 Maret ambil sumpah sehingga kami bisa register ke FIFA,” kata Ketum PSSI Erick Thohir kepada wartawan.

Dari ketiganya, cuma Nathan yang proses naturalisasinya hanya tinggal mengambil sumpah. Ia seharusnya sudah menjalani pengambilan sumpah pada 28 Desember 2023 bersama Jay Idzes, namun berhalangan hadir karena bentrok agenda klub.

Sedangkan Haye dan Ragnar baru disetujui pengajuan naturalisasinya belum lama ini oleh DPR RI. Selain Haye dan Ragnar, DPR RI juga menyetujui naturalisasi Maarten Paes.

“Nathan akan angkat sumpah juga, prosedur dia sudah selesai. Justru yang potensial main Nathan sekarang. Kalau Thom Haye dan Ragnar masih proses. Maarten tidak bisa datang karena MLS sedang bermain,” ujar Erick Thohir.

“Jadi walaupun Maarten proses di FIFA lancar, ya Maarten Paes baru bisa memperkuat di Juni atau setelah Juni. tergantung kesempatan dia diambil sumpah, jadi dinamikanya masih ada,” ucapnya.

Other Articles

Leave a Reply