banner-top
bri liga 1, liga indonesia, liga 1, pssi, fifa, timnas

PT LIB: VAR Tetap Diusahakan Ada Di Liga 1 Pada Pertengahan Februari

Gobet – PT LIB mengupayakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan tetap bisa mulai digunakan di LIga 1 2023/24 di Februari 2024.

Awalnya VAR direncanakan sudah hadir di pekan ke-24 Liga 1 yang merupakan pekan pertama kembalinya Liga 1 setelah break yang cukup panjang. Kini pekan ke-24 sudah semakin dekat dan persiapan VAR ternyata belum selesai.

bri liga 1, liga indonesia, liga 1, pssi, fifa, timnas

Pekan ke-24 Liga 1 2023/24 akan kickoff pada 4 Februari. Yang akan bertanding ada PSM Makassar vs Persita Tangerang, Persebaya Surabaya vs Bhayangkara FC, Persib Bandung vs Persis Solo, dan PSS Sleman vs Persikabo 1973. Pertandingan tersebut dipastikan belum ada VAR.

“Kami masih fokus pada tahap 3 training wasit, yang sepertinya butuh pendalaman dan penguatan,” kata Public Relation PT LIB, Sabina Katya..

“Terkait implementasi, kami memang menargetkan di Februari, tapi bukan berarti per tanggal 1 atau week 24, karena masih di fase final,” tambahnya.

Gobet – Misalnya pelatihan wasit selesai, itu bukan berarti VAR langsung bisa diterapkan di Liga 1. Masih ada beberapa tahapan lainnya yang harus dilakukan PT LIB sebelum benar-benar akan menghadirkan VAR di Liga 1 2023/24.

“Di sisi lain, PT LIB akan berkoordinasi dahulu dengan Komite Wasit kaitan SDM VAR dan AVAR (assistant video assistant referee) berdasarkan perkembangan terkini dan report dari VAR instructor,” ujar Sabina.

“Lalu seperti apa kebijakan lebih lanjutnya setelah kami koordinasi semua pihak tadi,” tambahnya.

Untuk peralatan VAR sendiri sudah dibeli PT LIB dari vendor Hawk-Eye, yaitu berupa 15 perangkat dengan rincian 12 mobile dan 3 permanen yang kemungkinan akan dipasang di Solo, Bali, dan Bandung.

Awal Desember 2023, Chief of Business PT LIB Budiman Dalimunthe menyebut jika biaya yang dikeluarkan untuk VAR yaitu lebih dari 100 miliyar rupiah.

Gobet – Selain pelatihan wasit yang belum selesai, peralatan VAR saat ini masih diproses oleh vendor. PT LIB masih menunggu kesiapan semuanya. Menurut Public Relation PT LIB, Sabina Katya, PT LIB masih akan mengupayakan VAR akan hadir di Bulan Februari.

“Equipment juga sama, kami sudah beli 15 sets. Saat ini proses di partner Hawk-Eye. Timeline kami, tengah Februari instalasi dan test oleh FIFA,” kata Sabina Katya.

“Kami masih fokus pada tahap 3 training wasit, yang sepertinya butuh pendalaman dan penguatan. Terkait implementasi, kami memang menargetkan di Februari, tapi bukan berarti per tanggal 1 atau week 24, karena masih di fase final,” ujar Sabina.

“Di sisi lain, PT LIB akan berkoordinasi dahulu dengan Komite Wasit kaitan SDM VAR dan AVAR (assistant video assistant referee) berdasarkan perkembangan terkini dan report dari VAR instructor. Lalu seperti apa kebijakan lebih lanjutnya setelah kami koordinasi semua pihak tadi,” tambahnya.

PT LIB: VAR Tetap Diusahakan Ada Di Liga 1 Pada Pertengahan Februari. Untuk jadwal Liga 1 di Bulan Februari akan ada 4 pekan kompetisi yaitu pekan ke-24 sampai pekan ke-27. Jika sesuai rencana terkini, VAR akan hadir di sela-sela kompetisi pada pekan-pekan tersebut.

 

Other Articles

Leave a Reply