banner-top

Shin Tae-yong Ingin Pemain Indonesia Belajar dari Lionel Messi

Shin Tae-yong meminta para pemain Timnas Indonesia U-20 yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023 untuk belajar dari permainan Lionel Messi.

Messi disebut Shin Tae-yong tidak banyak melakukan lari dalam pertandingan. Namun Messi memperhatikan setiap detail yang terjadi dalam pertandingan seperti alur permainan dan pergerakan lawan.

Saat Lionel Messi mendapatkan bola, dia tidak harus bergerak kemana-mana karena kebiasaannya dalam mengamati pertandingan. Tidak heran banyak sekali momen ajaib yang dilakukan Messi ketika bola sudah berada di kakinya.

“Messi tidak banyak lari, tapi kenapa dia bisa hebat bermain bola? Messi, walaupun dia diam, dia bukan cuma melihat bola, tapi dia terus melihat di sekitarnya ada apa,” kata Shin Tae-yong dalam video yang diunggah di saluran YouTube PSSI.

“Jadi ketika mendapat bola, sudah tahu mau kontrol bola atau mau passing dengan satu sentuhan, itu yang perlu dipikirkan. Coba kalian tonton permainan Messi seperti apa. Lehernya tidak diam, gerak terus sambil berpikir,” ujarnya menambahkan.

Karena gaya bermain yang seperti itu, membuatnya dijuluki sebagai pemain yang malas. Dan Messi bukan tipe pemain yang melakukan pressing ke lawan saat menguasai bola.

Namun ketika Messi sudah dapat bola, dipastikan tim lawan kelimpungan. Gaya main seperti itu disebut Shin Tae-yong sangat menguntungkan dan efektif buat tim yang dibela Messi.

“Berpikir, bergerak, selesai. Main bola seperti itu saja, sangat sederhana. Itu yang perlu kalian ingat di dalam otak kalian. Bukannya kalian tidak jago main bola, tapi kelemahan dan kekurangan kita ada pada pikiran. Kalau tidak berpikir, ya kalian tidak ada perkembangan,” ucap pelatih timnas Indonesia asal Korea tersebut.

“Bahkan, sampai pensiun, banyak sekali yang kalian harus pelajari. Walaupun begitu juga pasti tetap ada kekurangan. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang pasti ada kesalahan karena bermain menggunakan kaki,” tambah Shin Tae-yong

Other Articles

Leave a Reply