banner-top

Update Terbaru Ranking Race to Paris Badminton, Ginting Turun 1 Peringkat

Gobet – Update Terbaru ranking bulutangkis untuk ke Olimpiade Paris 2024. Ginting turun satu tingkat dan ganda campuran masih berjuang untuk lolos.

Setelah turnamen French Open 2024 selesai 10 Maret lalu, BWF kembali melakukan perhitungan poin untuk menentukan posisi atlet-atlet top dunia di daftar ranking kualifikasi Olimpiade.

Hasilnya tidak banyak mengalami perubahan terutama bagi atlet-atlet Indonesia. Dari sektor tunggal putra Ginting yang sebelumnya menempati urutan keenam, pekan ini turun ke posisi ketujuh. Hasil itu diperoleh setelah dia tersingkir di babak kedua French Open 2024.

Posisinya digantikan oleh Li Shi Feng dari China, yang juga turun dari peringkat kelima. Sementara tempat Li Shi Feng sebelumnya, kini diduduki Kunlavut Vitidsarn wakil Thailand yang pada pekan sebelumnya berada di urutan ke-8.

Kunlavut di French Open sukses jadi runner up. Wakil Thailand itu hanya kalah dari Shi Yu Qi yang menjadi juara di French Open 2024 yang termasuk turnamen BWF Super 750.

Sedangkan tiga sektor lainnya seperti tunggal putri, ganda putri, dan ganda putra masih berada di posisi yang sama dengan pekan lalu.

Gregoria Mariska Tunjung bertahan di peringkat ketujuh dengan 70.531 poin walaupun kalah di 16 besar French Open. Gregoria dikalahkan Aya Ohori (Jepang) 17-21, 16-21. Tidak hanya Gregoria, pebulutangkis dari negara lain juga tidak mengalami perubahan ranking Race to Paris pada minggu ini.

Lalu dari ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang sementara ini aman lolos ke Olimpiade. Juara All England 2023 menempati peringkat kedelapan dengan perolehan 74.199 poin.

Begitu juga dengan sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tetap menempati ranking ketujuh saat ini dengan 73.193 poin.

Sedangkan sektor ganda campuran masih berjuang untuk lolos hingga kini. Setelah Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari mendapat hasil minor di German Open akhir Februari lalu. Sehingga membuat mereka tersingkir di 13 besar kualifikasi Race to Paris, belum ada satu pun ganda campuran Indonesia yang mampu menaikkan poinnya ke atas.

Rinov/Phita berada di peringkat ke-17, disusul Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di ranking ke-20, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di peringkat ke-22.

Ketiga pasangan tersebut belum ada yang mampu mencapai hasil maksimal dalam tur Eropa. Adapun Rehan/Lisa terbaiknya di German Open yaitu lolos semifinal. Sementara di French Open dan All England mereka sudah lebih dulu tersingkir di babak 32 besar.

Sedangkan Dejan/Glo tersingkir di babak pertama German Open, dan babak kedua di French Open. Saat ini, mereka masih berjuang untuk meraih hasil bagus di All England 2024. Sementara Rinov/Phita masih bermain di Orleans Masters 2024.

Other Articles

Leave a Reply