banner-top

Venue FIBA Selesai Juni, Panpel Siapkan 2 Pertandingan Uji Coba

Venue FIBA World Cup 2023 akan selesai pada awal Juni besok. Dan Panitia Pelaksana sudah menyiapkan 2 event sebagai ajang uji coba.

Hal tersebut diungkapkan perwakilan Panitia Pelaksana FIBA World Cup 2023 Indonesia, Junas Miradiarsyah. Diungkapkan selesai Rapat Koordinasi dengan Kemenpora dan lintas kementerian dan lembaga di Wisma Kemenpora pada Senin (10/4).

Selain melaporkan kesiapan, FIBA World Cup 2023 dikejar waktu sehingga panitia butuh koordinasi dengan kementerian terkait.

“Nah, ini kami kan tidak bisa langsung, makanya kami perlu Kemenpora untuk memfasilitasi dan membuka hal-hal apa saja yang akan menjadi isu dan hal apa saja yang perlu percepatan,” kata Junas kepada pewarta.

“Misalnya venue, terkait rencana test event pada Juni nanti, lalu info kedatangan media dan hal-hal teknis. Lalu DKI, itu kan paling banyak seperti akan ada trophy tour, lalu pemain misalnya saat break ada tur, jangan sampai kita belum siapkan rutenya,” ujarnya.

Untuk test event, Junas menyebut pihaknya telah mengusulkan Juni dan Agustus untuk melakukan uji coba venue. Test event pertama dijadwalkan 17-24 Juni, lalu test kedia pada awal Agustus beok.

“Kami usulkan bulan Juni karena tanggalnya sama dengan seri 8 IBL, 17-24 Juni. Selain itu, ini kan supaya lebih efisien juga. Daripada mengadakan lagi, ini kan sudah ada kegiatan (jadwalnya), tinggal dipakai test event,” kata Junas.

“Kami juga sudah mengusulkan ke FIBA terkait ide ini. Karena timnya banyak dan nanti kan pertandingannya bakal lebih dari satu per hari (saat Piala Dunia), jadi memang perlu yang skalanya besar. Ada penonton, medianya, timnya banyak, tinggal serah terimanya saja bagaimana,” lanjutnya.

“Rencananya (venue) selesai 6 juni, lalu test event tanggal 17 Juni, itu kan saat serah terima sedang berproses. Nah itu bisa dilakukan enggak (test event-nya)?”

Akan tetapi, menurut Junas, sejauh ini secara konsep dan tanggal perencanaan sudah disetujui. “Tinggal proses administrasinya kita tak tahu. Sebab, serah terima dari Kementerian PU PR ke Sekretariat Negara baru akan dilakukan pada 6 Juni nanti. Makanya, kami perlu percepatan,” Junas mempertegas.

FIBA World Cup 2023 akan diselenggarakan pada 25 Agustus – 10 September 2023 di Indonesia, meskipun Indonesia belum lolos kualifikasi FIBA World Cup. Selain Indonesia FIBA World Cup juga berlangsung di Filipin dan Jepang.

Other Articles

Leave a Reply