banner-top

World Superbike 2023 Siap Digelar di Sirkuit Mandalika Lombok

Putaran kedua ajang World Superbike 2023 akan lanjut di Indonesia akhir pekan ini, 3 sampai 5 Maret 2023. Lombok sudah siap kedatangan pebalap dunia.

World Superbike 2023 sudah memasuki putaran kedua setelah yang pertama di Philip Island, Australia pekan lalu. Juara bertahan Alvaro Bautista dari Aruba it Racing Ducati menyapu bersih Superpole dan dua Race berikutnya.

Modal itulah yang akan dibawa Bautista saat menyambangi seri Mandalika 3 -5 Maret. Mandalika menyimpan memori indah ketika Bautista memastikan diri jadi juara dunia WSBK November kemarin.

Sehingga Bautista pun sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dari Andrea Locatelli, Jonathan Rea, dan Toprak Razgatlioglu.

Tidak hanya para pebalap, tapi Lombok Indonesia sebagai tuan rumah juga berbenah diri untuk menyambut pada pebalap tersebut di Mandalika International Street Circuit.

Dari penanganan kargo motor, sparepart, dan alat dukung balapan yang kembali dipegang oleh PT Angkasa Pura Logistik. Mereka akan menyambut kedatangan serta kepulangan kargo WSBK mulai 27 Februari sampai 8 Maret.

Setelah race equipment tiba di Bandara Internasional Lombok, kemudian kargo para pembalap dibawa menuju Sirkuit Mandalika untuk dilakukan proses pemeriksaan oleh Bea dan Cukai.

Khusus untuk event internasional ini, ada pembebasan bea masuk dan juga pajak. Selain itu juga diberikan kemudahan prosedural kepabeanan.

“Kedatangan kargo (inbound) dilakukan secara bertahap melalui jalur laut, darat dan udara. APLog berhasil melakukan unloading 6 container kargo sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Kemudian dilanjutkan kedatangan kargo melalui jalur udara dengan total proses inbound sekitar 200 ton,” ujar Direktur Operasi APLog, Troficiendy S.

Bandara Internasional Praya di Lombok menjadi salah satu tempat penting karena akan ada peserta, penonton dan juga kargo yang akan lalu lalang disana. Bandara juga sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin agar perjalanan pergi dan pulang lancar.

“Kesiapan yang kami lakukan untuk mendukung event Internasional seperti WSBK ini yakni Perluasan Terminal Penumpang dari kapasitas 3,5 juta orang per tahun menjadi 7 juta orang per tahun, perpanjangan Runway Bandara Lombok yang sebelumnya memiliki panjang 2.750 meter juga telah diperpanjang menjadi 3.300 meter yang tujuannya agar pesawat kargo dan penumpang besar bisa ditampung dan dilayani di bandara ini, selain itu SOP, SDM dan yang diperlukan ditingkatkan untuk memastikan perhelatan Internasional WSBK ini bisa berjalan dengan baik,” papar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Pix Association), Priandhi Satria, menyampaikan pihak promotor dari Dorna dan para pebalap WSBK akan mulai berdatangan pada 1 Maret 2023.

MGPA selaku penyelenggara WSBK 2023 sudah melakukan banyak persiapan yang maksimal demi mendukung keberhasilan ajang ini. Dia Priandhi Satria berharap WSBK dapat meningkatkan dampak ekonomi masyarakat Indonesia khususnya di NTB, Lombok.

“Sinergi yang diberikan semua pihak dalam mendukung pelaksanaan WSBK Mandalika 2023 agar berjalan lancar, aman dan tentunya membawa dampak positif baik dari segi ekonomi maupun citra Indonesia di mata dunia. Saya berharap balapan besok bisa berjalan dengan lancar,” ujar Satria.

Other Articles

Leave a Reply