banner-top

Bamsoet Dukung Pengelolaan Olahraga Sebagai Industri

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menghadiri Anniversary atau HUT ke-2 Dewa United di Tangerang Selatan pada Minggu (19/2).

Dalam kesempatan tersebut, ia mengapresiasi perjalanan 2 tahun Dewa United yang kini sudah memiliki divisi Dewa United Football Club, Dewa United Basketball Club dan Dewa United Esport Club.

Bambang Soesatyo mengungkapkan selain melakukan pembinaan terhadap atlet muda sepakbola, basket dan esport, Dewa United membuktikan jika olahraga dapat dikelola sebagai sebuah industri.

“Untuk sepakbola, Dewa United FC berhasil naik dari Liga 2 ke Liga 1 kompetisi sepakbola Indonesia. Dalam dua bulan terakhir di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, dari 8 kali pertandingan, Dewa United berhasil memenangkan 4 pertandingan, 3 seri, dan hanya 1 kali kalah,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

“Dewa United FC juga memiliki Dewa United Development yang mengelola akademi sepakbola, Tim U-16, Tim U-18, dan Tim U-20. Sehingga bisa melahirkan dan membina atlet sepakbola berprestasi internasional yang mengharumkan nama bangsa,” sambungnya.

Dan juga di divisi basket, Dewa United Basketball Club berhasil meraih peringkat 2 nasional Indonesian Basketball League 2022.

Tidak kalah juga yang diperoleh Dewa United Esport Club. Seperti Piala Presiden divisi Lokapala, Piala Presiden divisi Battle of Satria Dewa, dan ASL Spring 2022.

Dewa United Esport sekarang sudah memiliki 12 divisi, yaitu Apex Legends, AOV, PUBGM (wanita), PUBGM (pria), Free Fire (wanita), Free Fire (pria), Pro Evolution Soccer, FIFA, Lokapala, MLBB (wanita), MLBB (pria), dan Valorant.

“Para atlet olahraga tidak ubahnya prajurit tentara yang ditugaskan terjun ke medan perang untuk membela bangsa dan negara. Atlet lah yang juga bisa mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di berbagai negara lainnya. Menjadi atlet merupakan sebuah kehormatan sekaligus profesi yang penuh kemuliaan,” tuturnya.

Berbagai prestasi membanggakan Dewa United tidak lepas dari peran manajemen yang sudah terkelola dan handal oleh Founder Dewa United Jerry Hermawan Lo bersama Fonder dan President Dewa United Tommy Hermawan Lo. Menurut Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, kedua sosok tersebut mampu mengelola Dewa United secara industri tanpa melupakan jati diri keolahragaannya.

“Untuk mengelola olahraga sebagai sebuah industri, tidak ada salahnya jika kita juga belajar dari Swiss. Dengan menjadikan olahraga sebagai industri, bisa memberikan pemasukan bagi pendapatan negaranya mencapai USD 22,8 miliar per tahun, menyerap 2,4 persen dari seluruh pasar tenaga kerja, dan menciptakan sekitar 11.000 lapangan kerja baru dalam kurun waktu 12 tahun,” paparnya.

Selain Ketua MPR RI, turut hadir juga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, Wakapolda Banten Kombes M Sabilul Alif, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, Ketua Umum PSSI ke-17 Komjen Pol (purn) Iwan Bule, Kapolres Tangsel AKBP Faisal Febrianto, Founder Dewa United Jerry Hermawan Lo, serta Founder dan President Dewa United Tommy Hermawan Lo.

Other Articles

Leave a Reply