banner-top

Daftar Negara Lolos Piala Sudirman 2023, Dipastikan Ada Indonesia

Walaupun tersingkir dari Badminton Asia Mixed Team, Indonesia dipastikan lolos ke Piala Sudirman 2023. Tim Merah-Putih lolos karena peringkat tim.

Ada sejumlah slot yang dibagikan ke peserta dengan menyesuaikan kualifikasi yang mereka lakukan. Yaitu tuan rumah dan juara bertahan, lolos zona Asia, zona Eropa, zona Amerika Utara, zona Oseania, zona Afrika, serta slot peringkat.

Tim Indonesia termasuk tim negara yang lolos karena daftar peringkatnya. Selain Tim Indonesia, ada Tim Malaysia, Tim Taiwan, dan Tim Singapura.

Sebelumnya di Badminton Asia Mixed Team Championship di Dubai kemarin, diharapkan tim Indonesia bisa tembus semifinal untuk mengamankan tiket Sudirman Cup. Tapi mereka gagal saat ditaklukan oleh Korea Selatan.

Rionny Mainaky selaku Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, menyebut kekalahan timnya secara umum disebabkan kondisi pemain yang tidak prima.

“Gregoria (Mariska Tunjung) sakit flu, Putri KW juga sebetulnya tidak sehat. Fadia (Siti Fadia Silva Ramadhanti) tidak fit. Memang sangat dilematis kalau tidak diturunkan, meskipun kondisi sakitnya tidak separah GRegoria dan Putri. Kondisi Ran juga tidak fit benar. Jadi penampilan pemain tidak berada pada peak performance,” kata Rionny dalam keterangan tertulisnya.

“Yang juga jadi penyebab kegagalan ialah pemain kita kurang berani, kurang nekat, dan kadang kurang sabar,” lanjutnya.

Untuk Asia yang lolos ada Korea Selatan, China, India, Thailand karena mampu bertahan hingga babak semifinal di Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 lalu.

China juga masih berstatus juara bertahan sekaligus tuan rumah Piala Sudirman 2023. Karena ada tim juara bertahan dan tim tuan rumah yang masing-masing dapat satu slot khusus, serta kawasan Asia hanya dapat tiga slot peserta, maka satu slot yang berlebih diberikan kepada Jepang sebagai tim Asia dengan peringkat tertinggi di zona tersebut.

Untuk kawasan Asia dan Eropa masing-masing dapat 4 slot, untuk Amerika Utara, Afrika, Oseania dapat jatah masing-masing 1 slot. Dan 4 slot sisanya diberikan pada 4 tim negara dengan perolehan tim tertinggi.

Berikut daftar peserta Sudirman Cup 2023 :
Tuan rumah dan juara bertahan:
China

Zona Asia:
Jepang
Korea Selatan
India
Thailand

Zona Eropa :
Denmark
Inggris
Prancis
Jerman

Zona Amerika Utara
Kanada

Zona Oseania
Australia

Zona Afrika
Mesir

Slot peringkat
Indonesia
Malaysia
Taiwan
Singapura

Other Articles

Leave a Reply