banner-top

Dirugikan di SEA Games 2023, Indonesia Minta Karate Lebih Banyak Emas

Indonesia merasa dirugikan di SEA Games 2023 Kamboja, karena banyak cabang olahraga yang tidak dipertandingkan oleh tuan rumah, Kamboja.

Namun, situasi tersebut diharapkan tidak menurunkan motivasi Indonesia merebut emas sebanyak mungkin di SEA Games 2023.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, yang meminta kepada para atlet untuk mengumandangkan lebih banyak lagu Indonesia Raya di Kamboja saat upacara penghargaan pemenang.

Keinginan itu diungkapkan Raja Sapta Oktohari atau lebih dikenal dengan Okto saat berkunjung ke pemusatan latihan karate, renang, dan polo air.

“SEA Games kali ini menarik karena kita diundang untuk perang dengan berbagai peraturan yang dibuat supaya Indonesia tidak bisa menang. Dari 16 kelas di karate, kita cuma boleh turun di 14 kelas. Tidak apa-apa, kita ambil (emas) semuanya. Berarti 14 emas kita bawa pulang,” kata Okto dalam keterangan tertulisnya.

Pada tahun sebelumnya, SEA Games 2021, karate Indonesia meraih 4 medali emas, 8 medali perak dan 2 medali perunggu. Dari hasil itu, Okto berharap pada SEA Games 2023 karate bisa membawa pulang lebih banyak medali emas.

“Di Vietnam kita sudah merasakan bagaimana kita dibatasi, di Kamboja ditambah lagi tekananya. Tapi kita harus tunjukkan bahwa karate adalah cabor yang bisa diandalkan dan mampu meraih medali emas di SEA Games, karena yang terbatas itu yang membuat kita makin berjuang,” ujarnya.

“Dari dulu kita diminta untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Sekarang dibalik, kita harus lebih banyak mengumandangkan lagu Indonesia Raya, baru mengibarkan bendera Merah Putih.m, karena hanya yang mendapatkan emas yang membuat lagu Indonesia Raya berkumandang. Kalau mendapat perak dan perunggu hanya benderanya yang berkibar,” dia mempertegas.

Dan juga pada cabor renang, tuan rumah Kamboja hanya menggelar 2 nomor yang wajib dipertandingkan, sementara sisanya bukan nomor mandatory.

“Yang penting di nomor ini kita maksimalkan dapat juara,” sebutnya.

Lalu untuk cabor polo air, Indonesia dipastikan membawa pemain terbaik di SEA Games 2023. Bahkan skuad yang akan tampil kali ini disebut berisikan pemain-pemain yang lebih kuat dibanding saat SEA Games 2019 Manila.

Seperti diketahui, di SEA Games 2019 Manila, tim polo air putra berhasil meraih medali emas sekaligus mencetak sejarah pertama kali merebut emas sejak 42 tahun ikut SEA Games.

“Saya sangat bangga karena pada 2019 saya menjadi saksi sejarah prestasi yang kalian torehkan di Filipina. Jadi, Mei (SEA Games) kita harus mempertahankan medali kita. Water polo cuma dikasih 2 emas, ambil semua lah,” kata Okto.

Other Articles

Leave a Reply