banner-top

Emas Piala Dunia, Panjat Tebing Makin Yakin Tanding di Olimpiade Paris 2024

Menpora Dito mengatakan hasil panjat tebing Indonesia di IFSC Climbing World Cup 2023 memberi keyakinan bisa di Olimpiade Paris 2024.

Hal itu diungkapkan Dito saat mengapresiasi keberhasilan Timnas Panjat Tebing di Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan, 28-30 April kemarin.

Dito ditemani Yenni Wahid selaku Ketua Umum FPTI, menyambut langsung kedatangan para atlet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 1 Mei 2023.

Saat kejuaraan di Korea Selatan itu, Veddriq Leonardo meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia nomor speed putra dengan catatan waktu 4,98 detik. Saat final, Veddriq mencatatkan waktu 5,01 detik dengan mengalahkan atlet wakil China, Jinbao Long yang saat itu mencatatkan waktu 5,12 detik.

Dan juga Indonesia dapat medali perunggu dari Desak Made Rita Kusuma Dewi pada nomor speed putri.

Dengan hasil yang seperti itu, Dito mengatakan secara statistik seharusnya Indonesia akan mampu bersaing pada Olimpiade 2024 nanti. Dan Dito juga mengucapkan terima kasih pada atlet yang sudah berjuang berlaga dan mengharumkan nama bangsa sampai Internasional. Dan juga terima kasih diucapkan kepada FPTI yang sudah memberikan pendampingan dan pembekalan kepada para atletnya lewat pelatihan fisik yang dikalaborasikan dengan sport science dan ini bisa jadi contoh untuk cabor lain saat pembinaan atlet.

“Ini akan kita coba dorong juga untuk cabang olahraga lainnya agar atlet harus dibina secara holistik, selain fisik, psikologis, dan sport science harus dibina juga,” kata Dito dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/5).

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid juga menyebut prestasi konsisten atlet panjat tebing Indonesia di turnamen dunia tidak lepas dari strategi yang diterapkan FPTI dalam pembinaan atlet. Terutama bagaimana atlet dijaga untuk selalu fokus dalam latihan dan perbaikan skill.

“Jadi dari federasi kita coba memfasilitasi para atlet agar mereka bisa berlatih secara maksimal, sambil juga menyiapkan prasarana yang dibutuhkan oleh para atlet,” kata Yenny.

Yenny juga menyampaikan setelah pertandingan di Seoul, seri Piala Dunia Panjat Tebing 2023 akan dilaksanakan di Indonesia. Dan akan digelar Sabtu dan Minggu, 6-7 Mei 2023 di GBK.

“Pada seri di Jakarta, yang akan dilombakan adalah kategori speed putra dan putri. Piala Dunia akan digelar weekend ini. Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung silakan datang ke GBK. Beri dukungan kepada atlet kita,” sebut Yenny.

 

Other Articles

Leave a Reply