banner-top

FIFA Akan Menerapkan Uji Coba VAR di Piala Dunia U-20 Indonesia

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia Mei mendatang. Saat turnamen FIFA itu, akan diuji coba penayangan video VAR ke penonton di stadion.

Pada saat Rapat Tahunan International Football Association Board atau IFAB di London, Inggris pada Sabtu 4 Maret 2023, memutuskan sejumlah program. Salah satunya adalah melakukan uji coba penayangan video VAR ke penonton stadion.

“membuat keputusan untuk lebih meningkatkan komunikasi kepada para penggemar di stadion. Uji coba 12 bulan secara eksklusif terkait keputusan VAR di turnamen FIFA dimulai di FIFA Club World Cup 2022 di Maroko, dan juga diterapkan di FIFA U-20 World Cup di Indonesia pada Mei hingga Juni 2023. Keputusan kemudian akan dibuat apakah uji coba akan dilanjutkan di turnamen FIFA lainnya akhir tahun ini,” tulis IFAB di situs resminya.

IFAB menekankan, hal tersebut dilakukan untuk membantu penyelenggara yang tidak punya sumber daya untuk mengimplementasikan VAR dan VAR ‘ringan’ atau semacam ‘VAR versi hemat’.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia, dan ini menjadi kali kedua Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, setelah sebelumnya di Jepang tahun 1979. Digelar sejak 20 Mei sampai 11 Juni 2023, dan akan ada 24 tim dari 6 konfederasi yang ikut serta. Diantaranya tim-tim kuat seperti Inggris, Prancis, Italia dan Brasil.

Indonesia juga mempersiapkan 6 venue untuk Piala Dunia U-20 2023. Keenam stadion yang akan dipakai diantaranya adalah Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), serta Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Other Articles

Leave a Reply