banner-top

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah untuk Israel di Piala Dunia U-20

Israel akan bertanding di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, kini menjadi sorotan. Indonesia sendiri sudah ancang-ancang siap jadi tuan rumah yang baik.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada Mei besok. Indonesia dan Israel sendiri tidak punya hubungan diplomatik, israel masih mendapat pro dan kontra atas keikutsertaannya nanti. Terlebih Indonesia juga berseberangan dengan Israel atas situasi di Palestina.

Ketua Umum PSSI yang sekaligus ketua panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, Erick Thohir menyatakan bahwa dari sisi keolahragaan, Indonesia siap menyambut Israel.

“Tugas PSSI itu menyiapkan timnas dan persiapan teknis dari kejuaraan, tentu masing-masing ada tupoksinya. Saya sampaikan salah satunya pihak Kemenlu harus siapkan sisi politiknya,” kata Erick di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/3).

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali menilai masuknya Israel di Piala Dunia U-20 2023 tidak hanya bisa dilihat dari sisi olahraga, dan itu nantinya jadi tugas dari Kementerian Luar Negeri.

“Ada pembagian tugas kita, dalam Keppres itu, PSSI siapkan timnas dan pertandingan. Apa yang ditanyakan tadi itu merupakan bagian pemerintah, di pemerintah ada tupoksinya masing-masing,” ujar Zainudin.

“Ini banyak ke tugas Kemenlu. Saya meyakini Kemenlu insyaallah menangani ini, diplomasi dan politiknya. Kemenlu sudah berpengalaman dan mampu melakukan sesuai apa yang disiapkan,” lanjut Zainudin.

Dan menurut Menko Polhukam, Mahfud MD, secara eksplisit menegaskan kesiapan Indonesia terhadap kedatangan Israel di Piala Dunia U-20 2023, ia mengatakan segala persiapannya sudah dipikirkan, dari jalur politik dan keamanannya.

“Sudah dibahas dan disiapkan semua jalur, politik, diplomatik, keamanan, dan sebagainya sudah dibicarakan. Ditunggu aja nanti dirundingkan,” jelasnya.

Untuk lokasi terkait kedatangan Israel akan dilakukan di Bali. Untuk sejauh ini, kesiapan keamanan Piala Dunia U-20 2023 sudah ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Polri tentunya dalam posisi mengamankan segala kebijakan yang nanti akan diambil sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik,” ujar Jenderal Listyo Sigit usai membuka Rakernis Korps Brimob di Akpol, Semarang, Senin (13/3/2023).

“Saya kira ini juga menjadi bagian yang tadi kita bahas bahwa terkait penyelenggaraan olahraga tentunya ini menjadi event besar yang harus bisa kita amankan. Tentunya kita harus mempersiapkan dengan baik, mengamankan pemain, mengamankan penonton, mengamankan kegiatan penyelenggaraan itu sendiri sehingga semuanya bisa berjalan,” jelasnya.

Other Articles

Leave a Reply