banner-top

Inilah Pemain yang Sudah di Naturalisasi di Era Pelatih Shin Tae-yong

Gobet – Pelatih Shin Tae-yong terus aja memburu pemain yang berdarah Indonesia. Dan sudah ada 6 pemain yang dinaturalisasi.

Nampaknya Shin Tae-yong berupaya keras membuat Timnas Indonesia jadi kuat di level Asia. Salah satu caranya yaitu dengan menaturalisasi pemain sepakbola yang punya darah Indonesia atau keturunan Indonesia.

timnas, keturunan, pemain, naturalisasi, pssi, shin tae-yong

Sandy Walsh
Sandy Walsh resmi jadi WNI pada 17 November 2022 dan melepas status warga negara Belanda. Dia punya keturunan Indonesia dari nenek. Brigitta Portier, Ibu Sandy lahir dari orang tua yang berasal dari Malang. Sandy juga sempat mengaku bahwa sang Kakek dari Surabaya.

Jordi Amat
Jordi Amat selesai proses naturalisasi bersama Sandy Walsh. Sebelumny Jordi Amat tercatat sebagai Warga Negara Spanyol. Jordi merupakan keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona. Jordi mengaku punya keturunan Indonesia dari neneknya.

Shayne Pattynama
Gobet – Shayne Pattynama juga jadi WNI yang sebelumnya dia warga Belanda. Shayne punya keturunan Indonesia dari ayahnya yang dari Maluku atau Pulau Haruku, Maluku Tengah yang lahir di Semarang dan sudah meninggal. Walaupun ada keturunan langsung Indonesia, Shayne tetap menjalani proses naturalisasi sesuai dengan undang-undang.

Ivar Jenner
Ivar Jenner punya keturunan Indonesia dari neneknya, yaitu ibu dari ayahnya yang lahir di Jember, Jawa Timur. Ivar Jenner sendiri lahir di Belanda dan jadi warga negara Belanda sebelumnya hingga akhirnya jadi WNI. Debut Ivar tampil saat Indonesia lawan Argentina di ajang uji coba.

Rafael Struick
Rafael Struick resmi jadi WNI pada 22 Mei 2023. Dia juga debut tampil saat laga uji coba Indonesia lawan Argentina. Rafael Struick punya keturunan Indonesia dari neneknya, Ayahnya merupakan keturunan Jawa dari ibunya yaitu Soraya Noraly Soedito yang berasal dari Suriname.

Justin Hubner
Pemain selanjutnya yang di naturalisasi di era Shin Tae-yong adalah Justin Hubner. Proses naturalisasi Justin Hubner sempat terhenti di tengah jalan dan akhirnya sah jadi WNI pada 6 Desember 2023. Hubner ada keturunan Indonesia dari kakeknya yang asal Makassar yaitu Ferdinand Rudolf Hubner. Seiring berjalannya waktu sang ayang jadi warga negara Belanda dari perkawinan campur.

Inilah Pemain yang Sudah di Naturalisasi di Era Pelatih Shin Tae-yong. Dengan adanya proses naturalisasi beberapa pemain keturunan untuk Timnas Indonesia, maka diharapkan mereka dapat memperkuat lagi Timnas Indonesia bersama para pemain Timnas lainnya untuk Indonesia.

Other Articles

Leave a Reply