banner-top

Iran vs Qatar, Qatar Lolos ke Final Piala Asia 2023 dengan Skor 3-2

Gobet – Tuan rumah Qatar lolos ke Final Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Iran di semifinal dengan skor 3-2.

Kini harapan untuk mempertahankan gelar yang diraih sebelumnya tahun 2019 semakin terbuka lebar. Setelah main di Stadion Al-Thumama pada Rabu (7/1), Iran unggul di menit ke-4 lewat Sardar Azmoun.

piala asia, klasemen, hasil, laga, pertandingan

Iran unggul hanya bertahan sebentar karena Qatar sukses menyamakan skor pada menit ke-17. Jassem Gaber menuntaskan umpan Akram Afif dengan tembakan jarak jauh.

Skor jadi 1-1 sampai menit ke-42, di menit ke-43, Qatar berbalik jadi unggul. Dari afif yang melakukan cut-inside dari sisi kiri yang kemudian coba dihalau barisan belakang Iran.

Gobet – Walaupun dikelilingi 4 pemain lawan, tapi tembakannya ke sudut kanan gawang Iran tidak mampu dibendung Beiranvand. Dan skor jadi 2-1 sampai jeda selesai.

Pada babak kedua, Iran melakukan penalti di menit ke-49 karena handball yang dilakukan gelandang Qatar Ahmed Fathi di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh yang jadi eksekutor dan berhasil mengecoh Barsham. Skor akhirnya jadi 2-2.

Qatar terus mengupayakan agar bisa tambah gol. Ada peluang di menit ke-53 lewat Yusuf Abdurisag, tapi sukses dihadang Beiranvand. Sundulan dari Almoez Ali di menit ke-72 juga mudah diamankan.

Iran juga ada kesempatan. Azmoun nyaris saja cetak gol kedua melalui sundulan di menit ke-75 tapi Boualem Khoukhi dengan sigap menyapu bola di garis gawang Qatar dan tidak gol.

Di akhir babak kedua, Qatar berhasil dapat gol ketiga di menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem justru mendarat di kaki Almoez di kotak penalti dan dengan tenang dia lepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran dan terjadi gol.

Almouz menduga offside dan dicek di VAR ternyata dinyatakan onside jadi gol disahkan. Skor jadi 3-2 untuk Qatar. Iran vs Qatar, Qatar Lolos ke Final Piala Asia 2023 dengan Skor 3-2.

Iran berusaha untuk menyamakan skor, tapi harus bermain dengan 10 pemain di menit ke 90+3. Shajoe Khalilzadeh memperoleh kartu merah karena pelanggaran terhadap Afif yang tengah berlalu menuju gawang iran untuk cetak gol.

Injury time yang lebih dari 15 menit tidak mampu dimanfaatkan Iran untuk cetak gol. Qatar akan bertemu dengan Yordania di Final setelah Yordania mengalahkan Korea Selatan 2-0.

Susunan pemain

Iran: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian (Shahriyar Moghanlou 87′), Hossein Kanani, Shojae Khalilzadeh, Ehsan Hajsafi (Milad Mohammadi 46′), Omid Ebrahimi (Mohammad Mohebi 46′), Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Mehdi Taremi (Reza Asadi 90+8′), Saman Ghoddos, Sardar Azmoun.

Qatar: Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Almahdi Ali (Boualem Khoukhi 68′), Pedro Miguel (Tarek Salman 63′), Hammam Al-Amin (Ismaeel Mohammad 46′), Mohammed Waad, Ahmed Fathi, Jassem Gaber (Abdel Aziz Hatem 81′), Yusuf Abdurisag (Hasan Al Haydos 63′), Akram Afif, Almoez Ali.

Other Articles

Leave a Reply