banner-top

Jokowi Terima Surat dari FIFA Setelah Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Presiden Joko Widodo menerima surat dari FIFA yang dititipkan ke Ketua Umum PSSI saat Indonesia dibatalkan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui kemarin, FIFA merilis pernyataan tentang pencoretan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu, 29 Maret 2023. Pengumuman tersebut dirilis FIFA setelah pertemuan PSSI dengan FIFA di Qatar.

Namin tidak ada yang tau alasan pasti pencoretan tersebut, bahkan Ketua Umum PSSI sendiri Erick Thohir menyebut, ada surat dari FIFA yang dititipkan kepadanya untuk ditujukan ke Presiden Joko Widodo.

“Saya tak baca surat FIFA kepada Bapak Presiden, mungkin salah satunya FIFA mempertanyakan transformasi sepakbola Indonesia serius atau tidak? Makanya, Bapak Presiden menginstruksikan saya menyelesaikan blue print untuk disampaikan ke FIFA, mungkin ada kaitannya dengan surat tersebut. Saya enggak dapat soalnya isi suratnya,” kata Erick Thohir saat jumpa pers di Istana Negara, Jumat (31/3) kemarin.

Presiden Jokowi yang sedang menemui Timnas U-20 dan U-22 yang berlatih di Stadion GBK, pada Sabtu (1/4), akhirnya ditanya oleh media tentang surat FIFA tersebut. Apakah ada isinya soal alasan pencoretan atau membahas hal lain.

“Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA Gianni Infantino,” kata Jokowi.

“Dan saya sudah memerintahkan kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menyiapkan blue print, menyiapkan peta jalan transformasi sepakbola, untuk segera disampaikan kepada FIFA,” sambungnya.

Presiden Jokowi tidak menjelaskan secara rinci tentang isi surat dari FIFA. Namun beliau langsung bereaksi dengan meminta Erick Thohir membereskan ‘blue print’ untuk transformasi sepakbola sampai tahun 2045 mendatang.

Dan Jokowi akan kembali menunjuk Erick Thohir untuk kembali bertemu FIFA terkait sanksi yang akan diterima Indonesia karena batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Mungkin dalam bulan-bulan ini saya harapkan nanti Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir bisa terbang lagi (ketemu FIFA-red) untuk menyampaikan yang tadi saya sampaikan,” tutupnya.

Other Articles

Leave a Reply