banner-top

Kemenangan Ketiga di Piala Asia, Timnas Ada Peluang Lolos Fase Grup

Gobet – Kemenangan Indonesia kemarin atas Vietnam membuat sejarah bagi Indonesia sepanjang Turnamen Piala Asia. Ini adalah kemenangan ketiga Timnas.

piala asia, asiancup, afc, fifa, pssi, timnas, klasemen

Pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 yang mempertemukan Indonesia dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium pada Jumat (19/1) malam WIB membuat Indonesia menang 1-0.

Gol diciptakan oleh Asnawi Mangkualam lewat gol penaltinya di babak pertama. Dan Vietnam gagal mengejar ketinggalan dan di menit-menit terakhir justru hanya bermain 10 pemain karena Le Thanh Long dapat kartu merah.

Gobet – Ini jadi sejarah bagi Indonesia karena bisa mengalahkan Vietnam di tim senior yang diasuh Shin Tae-yong. Dan ini juga jadi kemenangan Indonesia yang pertama di Piala Asia 2023.

Indonesia dapat 3 poin dari kemenangan kemarin selama 16 tahun terakhir di Piala Asia. Timnas Indonesia terakhir kali menang di Piala Asia saat jadi tuan rumah pada tahun 2007, yaitu mengalahkan Bahrain 2-1 di fase grup.

Timnas Indonesia sendiri sudah bermain 5 kali di Piala Asia sejak 1996. Kemenangn yang didapat pertama kali pada tahun 2004 saat itu melawan Qatar dengan skor 2-1.

Selama Piala Asia, Timnas belum pernah lolos dari fase grup. Dan untuk Piala Asia edisi 2023 ini, Indonesia masih ada peluang jadi runner-up grup atau jadi tim ketiga terbaik yang bisa lolos ke babak 16 besar.

Peluang jadi runner-up grup ini bisa dilihat dari hasil pertandingan fase grup terakhir, Indonesia lawan Jepang yang dijadwalkan Rabu (24/1) di Al Thummama Stadium. Jika Indonesia menang lawan Jepang maka dipastikan Indonesia lolos jalur runner-up.

Dan peluang lolos 16 besar yang lain juga bisa Timnas lalui dengan jadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Akan ada 4 tim teratas dari 6 tim yang akan dapat tiket ke babak 16 besar. Dan sementara ini, Timnas berada di puncak klasemen di tim tiga terbaik. Kemenangan Ketiga di Piala Asia, Timnas Ada Peluang Lolos Fase Grup.

Berikut kemenangan Indonesia sepanjang sejarah Piala Asia
2004: Qatar 1-2 Indonesia
2007: Indonesia 2-1 Bahrain
2023: Vietnam 0-1 Indonesia.

 

Other Articles

Leave a Reply