banner-top

Ketum PSSI Erick Thohir Menanggapi Situasi Shin Tae-yong

Gobet – Erick Thohir selaku Ketum PSSI menegaskan prinsip profesionalisme kiprah Timnas Indonesia yang diantar Shin Tae-yong.

shin tae-yong, coach, pelatih, timnas, pssi

Timnas Indonesia pertama kalinya lolos ke babak fase gugur Piala Asia 2023. Dan untuk target selanjutnya, Shin Tae-yong diharapkan mampu bawa Timnas Indonesia U-23 ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Gobet – Piala Asia U-23, sama seperti Piala Asia 2023 yang akan kembali digelar di Qatar pada 15 April – 3 Mei 2024. Timnas Indonesia masuk di Grup A bersama Australia, Yordania, dan tuan rumah Qatar.

Terkait dengan beredarnya rumor Shin Tae-yong ditawari Timnas negara lain untuk jadi pelatih, ini banyak yang mempertanyakan perihal kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Erick Thohir menyatakan, meski sejauh ini puas dengan kinerja Shin Tae-yong, namun pihaknya tetap harus pasang target prestasi di level Asia terhadap Shin Tae-yong. Ketum PSSI Erick Thohir Menanggapi Situasi Shin Tae-yong.

“Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan Shin Tae-yong yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U23 bagi timnas muda kita. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027,” ujar Erick Thohir dalam pernyataannya, di Bali, Selasa (30/1).

“Oleh karenanya di Piala Asia U-23, April besok, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U-23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi STY untuk membuat kejutan,” tambahnya

Dari 26 line up Timnas Senior Piala Asia kemarin, ada 11 anggota skuad Timnas U-23. Tidak hanya itu, sebanyak 5 sampai 6 pemain U-23 sering jadi starting, seperti Ernando Ari, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Rafael Struick.

“Berkaca dari Piala Asia kemarin, kita kekurangan goal getter. Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas STY untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai,” kata Erick Thohir.

Gobet – Persaingan di Piala Asia U-23 akan terhitung lebih berat Turnamen yang diikuti 16 negara yang dibagi jadi 4 grup tersebut hanya akan meloloskan juara pertama grup dan runner up grup di setiap grupnya yang langsung ke babak 8 besar Piala Asia U-23.

Other Articles

Leave a Reply