banner-top

Klasemen Akhir SEA Games 2023, Indonesia Posisi 3 & Daftar Cabor Penyumbang Medali

Gobet – Klasemen medali akhir SEA Games 2023, Indonesia meduduki peringkat 3 dan mampu lampaui target yang diberikan. Berikut cabor penyumbang medali.

SEA Games 2023 digelar di Kamboja dari 5 sampai 17 Mei 2023. Banyak drama yang terjadi selama pertandingan berjalan. Namun tidak mematahkan semangat-semangat para atlet untuk merebut gelar juara.

Persaingan di klasemen cukup ketat juga sepanjang kompetisi berjalan. Tuan rumah Kamboja sempat mendominasi, tapi sejak pertengahan sampai mendekati akhir ajang perlombaan, Thailand dan Vietnam pun masuk mendominasi.

Indonesia pun tidak tinggal diam. Cabang olahraga wushu jadi juara umum dengan enam medali emas. Bulutangkis dan angkat besi turut sumbangkan medali-medali emas.

Timnas basket putri bikin sejarah dengan jadi juara, setelah penantian 46 tahun. Tim voli putra kembali hat-trick medali emas.

Tim perahu tradisional, voli pantai putra, gulat, dan kickboxing juga berjaya. Terakhir, Garuda Muda Timnas U-22 menyabet medali emas lewat laga ketat kontra Thailand.

Total Indonesia raih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu dan berada di posisi ketiga. Vietnam di posisi pertama dengan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu. Dan yang kedua Thailand dengan 108 emas, 98 perak, dan 108 perunggu.

Berikut Klasemen Akhir SEA Games 2023:

Dari jumlah tersebut, cabang Fin Swimming menjadi penyumbang medali terbanyak dengan 21 medali berupa 6 emas, 10 perak, dan 5 perunggu.

Namun, jika spesifik kepada raihan keping emas, cabang Pencak Silat adalah penyumbang terbanyak bagi Indonesia di SEA Games 2023. Ada 9 medali emas yang diraih para atlet Pencak Silat Merah Putih di Kamboja.

Presiden Jokowi menargetkan Indonesia raih lebih 69 medali emas di SEA Games 2023. Angka itu adalah capaian pada SEA Games 2021 Vietnam. Dengan 87 medali emas, maka target itu terlampaui.

Acara penutupan akan digelar pada hari Rabu (17/5) malam ini. SEA Games 2025 berikutnya akan digelar di Thailand. Semoga nanti, Tim Kontingen Indonesia bisa kembali berjaya bahkan melebihi tahun ini.

Berikut cabang olahraga penyumbang medali untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023:

Other Articles

Leave a Reply