banner-top

Korea Selatan vs Australia 2-1, Korsel Lolos Menuju Semifinal Piala Asia 2023

Gobet – Korea Selatan lolos ke semifinal Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Australia 2-1 di perempatfinal pada Jumat (2/2) kemarin.

piala asia, perempatfinal, laga, pertandingan, semifinal

Australia yang sedang bertahan, mencoba membalas di menit ke-18 melalui tembakan jarak jauh Conor Metcalfe tapi sayang sekali tembakannya jauh dari sasaran. Dan 2 menit berselang, tendangan Craig Goodwin ditepis Jo Hyeon-woo, kiper Korea Selatan.

Pada menit ke-33, Hwang Hee-chan bisa membobol gawang Australia setelah menyambar umpan silang mendatar Seol Young-woo tapi dianulir oleh wasit karena Seol lebih dulu offside ketika menerima umpan dari belakang.

Gobet – Korea Selatan justru kebobolan pada menit ke-42, kesalahan umpan Hwang In-beom berujung serangan balik untuk lawan. Crossing Nathaniel Atkinson disambut Goodwin dengan tendangan dari sudut kiri gawang dan tidak mampu ditangkap oleh Jo Hyeon-woo. Skor jadi 1-0 atas Australia.

Sampai babak pertama berakhir, skor masih 1-2. Dan di babak kedua, Korea Selatan dapat peluang bagus melalui Lee Kang-in di menit ke-48, tapi berhasil digagalkan oleh Mathew Ryan, kiper Australia.

Australia hampir menambah skor pada menit ke-54, tapi Jo berhasil menahan sundulan Martin Boyle. Bola liar disambar Boyle, tapi kembali ditangkap Jo. Bola liar mengarah lagi ke Mitchell Duke dan tembakannya melambung jauh dari gawang.

Duke kembali dapat peluang dari sundulan di menit ke-74. tapi Jo dengan sigap mengamankan gawangnya. Lee Jae-sung dapat umpan di menit ke-79 tapi tidak berhasil menguasai bola dengan baik dan dihalau oleh Ryan.

Gobet – Crossing Jordan Bos dari sisi kiri disambut oleh Duke yang sedang bebas tidak ada pengawalan di menit ke-84. Posisi Jo juga tidak mampu menjangkau bola tapi sundulan bola melenceng tipis di samping kanan gawang.

Terdapat pelanggaran di menit ke 90+4, penalti untuk Korea Selatan, pelanggaran Lewis Miller terhadap Son Heung-min di kotak penalti. Hwang maju jadi eksekutor dan sukses menaklukan Ryan. Skor 1-1 membuat pertandingan ke babak ketiga atau extra time.

Pada masa perpanjangan waktu, Tendangan bebas Son ke sudut kiri gawang Australia coba dihadang kiper Australia, Ryan tapi bola tetap masuk di gawang dan membawa Korsel memimpin 2-1 di menit ke-104.

Australia pun ingin menyamakan skor namun sulit ketika Aiden O’Neill diusir wasit di menit ke-105+4 setelah dia menekel Hwang. Dan sampai babak extra selesai skor 2-1, Korea Selatan ke semifinal. Dan Korea Selatan akan bertemu Yordania yang sebelumnya mengalahkan Tajikistan 1-0. Korea Selatan vs Australia 2-1, Korsel Lolos Menuju Semifinal Piala Asia 2023.

Susunan pemain

Australia: Mathew Ryan, Nathaniel Atkinson (Lewis Miller 73′), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich, Conor Metcalfe (Riley McGree 70′), Keanu Baccus (Aiden O’Neill 70′), Jackson Irvine, Martin Boyle (Cameron Burgess 87′), Mitchell Duke (Bruno Fornaroli 92′), Craig Goodwin (Jordan Bos 73′).

Korea Selatan: Jo Hyeon-woo, Seol Young-woo, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Kim Tae-hwan (Yang Hyun-jun 85′), Hwang In-beom (Hong Hyun-seok 77′), Park Yong-woo (Park Jin-seop 106′), Hwang Hee-chan (Oh Hyeon-gyu 106′), Son Heung-min, Lee Kang-in (Jeong Seung-hyeon 120+1′), Cho Gue-sung (Lee Jae-sung 69′).

Other Articles

Leave a Reply