banner-top

Papua Punya Wakil Lagi di Liga 1, PSBS Biak Promosi

Gobet – PSBS Biak jadi tim pertama yang promosi ke Liga 1 musim depan. Papua pun punya wakil lagi di Liga 1 Indonesia.

liga 2, liga indonesia, pssi, pertandingan, laga

Di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor, Papua, Kamis (29/1/2024), PSBS memetik kemenangan 4-0 atas Persiraja Banda Aceh. Brace Alexsandro dos Santos dan Beto Goncalves yang menjadi penentu kemenangan Napi Bongkar.

Gobet – Dengan kemenangan ini, PSBS menang agregat 5-1 atas Persiraja. Oleh karena itu, mereka berhak mendapat tiket ke Liga 1 musim depan sekaligus ke final Liga 2.

Dalam dua musim terakhir, Liga 1 tak ada wakil dari Bumi Cendrawasih. Persipura Jayapura degradasi ke Liga 2 pada musim 2021/2022.

Mutiara Hitam finis ke-16 dengan raihan 36 poin. Persipura mendapatkan sanksi pengurangan poin tiga angka karena tak hadir saat melawan Madura United pada 21 Februari 2022.

Saat itu, Persipura beralasan bahwa skuadnya kurang karena ada pemain yang terinfeksi virus Corona, cedera, dan baru pulih dari sakit Covid-19. Selain Persipura, sebelumnya ada tim Papua lainnya seperti Persidafon Dafonsoro, Persiwa Wamena, hingga Persiram Raja Ampat.

Gobet – Usaha wakil-wakil Papua untuk kembali tampil di Liga 1 tersandung karena Liga 2 2022/2023 akhirnya dihentikan karena situasi force majeure. Tragedi Kanjuruhan menjadi penyebabnya.

Pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada Oktober 2022 memakan lebih dari 130 korban jiwa. Oleh karena itu, kompetisi sepakbola dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Di Liga 2 2023/2024, PSBS Biak akhirnya berhasil menjadi wakil Papua yang akan berlaga di Liga 1 musim depan. Mereka meraih tiket ke final, penampilan mereka juga sip sepanjang musim. Papua Punya Wakil Lagi di Liga 1, PSBS Biak Promosi.

Sejak berdiri pada 1968, PSBS Biak akhirnya bisa bermain di Liga 1 untuk pertama kalinya. Bertanding sebanyak 20 kali hingga semifinal, PSBS membukukan 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan cuma kalah dua kali.

PSBS pantas promosi karena diperkuat oleh banyak pemain bintang. Beto Goncalves, Fabiano Beltrame, Osas Saha, Ruben Sanadi, Vendry Mofu, sampai Otavio Dutra deretan pemain yang dimiliki oleh PSBS.

 

Other Articles

Leave a Reply