banner-top

Pemain Naturalisasi Shayne Pattynama Akhirnya Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Atlet naturalisasi Shayne Pattynama akhirnya secara resmi dapat bermain di Timnas Indonesia. FIFA sudah beri rekomendasi perihal tersebut.

Seperti diketahui, Shayne sudah berada di Indonesia sejak 26 Maret yang lalu. Dia dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong dengan harapan dapat tampil dalam uji coba Timnas lawan Burundi pada 28 Maret. Namun niatan tersebut tidak terlaksana karena Shayne masih bermasalah terkait perpindahan federasinya dari KNVB (Federasi Sepakbola Belanda ke PSSI.

Dan juga masalah paspor yang belum juga tuntas, sehingga Shayne Pattynama harus datang ke Indonesia. Sekedar informasi, Shayne sudah sah jadi WNI sejak akhir Januari lalu.

Sekarang, Shayne Pattynama akhirnya bisa bernafas lega. PSSI dan KNVB telah menyelesaikan segala hal yang jadi persyaratan Shayne untuk dapat memperkuat Timnas Indonesia kedepannya.

“Seperti yang sudah disampaikan Ketum PSSI Bapak Erick Thohir untuk Shayne Pattynama itu sudah bisa beralih federasi, jadi FIFA juga sudah memberikan rekomendasi untuk itu,” kata Arya Sinulingga, selaku anggota Komite Eksekutif PSSI pada Jumat (14/4).

“Jadi kita juga sudah memenuhi semua syarat-syarat yang ditentukan oleh FIFA untuk pemain naturalisasi. Jadi ke depannya Shayne Pattynama sudah bisa bermain atas nama Timnas Indonesia,” ujarnya.

Syarat-syarat yang sudah dipenuhi antara lain berkewarganegaraan Indonesia secara tetap, yang tidak tergantung pada tempat tinggal di negara itu (bdk. pasal 5 ayat 1 RGAS); (melalui Naturalisasi).

Selanjutnya dia tidak pernah berpartisipasi dalam pertandingan (baik seluruhnya atau sebagian) dalam kompetisi resmi dari kategori apa pun atau jenis sepak bola apa pun untuk asosiasi lain (lih. pasal 5 par. 3 RGAS);

Yang terakhir adalah salah satu (atau kedua) orang tua kandung atau kakek neneknya lahir di Indonesia (pasal 7 par.1 lit. a) sampai c) RGAS) (Ayah Shayne merupakan kelahiran Semarang, Indonesia).

“Kami juga sudah mendapatkan surat dari KNVB (Federasi Sepakbola Belanda) yang menyatakan Shayne tak pernah masuk tim A Belanda. Jadi dengan ini urusan naturalisasi Shayne sudah selesai dikerjakan. Jadi sudah bisa bermain untuk Indonesia,” tegas Arya.

 

Other Articles

Leave a Reply