banner-top

Pembukaan SEA Games 2023, Bendera Indonesia Terbalik, Kamboja Minta Maaf

Gobet Slot Gacor 2023 – SEA Games 2023 resmi dibuka, Kamboja memberikan pertunjukan sebelum upacara pembukaan. Saat pertunjukan ada momen Bendera Indonesia terbalik.

Namun dalam rangkaian pembukaan SEA Games 2023, ada momen dimana bendera Indonesia terbalik. Bendera Indonesia sempat dibawa penari pada momen saat penyanyi lokal membawakan pertunjukkan.

Kejadian bendera Indonesia terbalik sebelumnya juga pernah terjadi di SEA Games 2017 Malaysia. Saat itu, bendera Indonesia tercetak terbalik di buku panduan kegiatan. Saat kejadian ini, sempat bikin heboh dan membuat masyarakat Indonesia marah sehingga pemerintah Malaysia langsung meminta maaf atas kelalaian tersebut.

Dan pada acara pembukaan SEA Games 2023, Bendera Indonesia terbalik, Kamboja minta maaf. Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) meminta maaf atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara, yang menyebut tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian tersebut.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

Tuan rumah pun langsung bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, dalam rilis KOI, Jumat (5/5/2023).

“NOC Indonesia (KOI) secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Penh,” kata Harry dalam surat tersebut.

SEA Games 2023 merupakan edisi ke-32, diikuti 11 negara peserta, dengan sekitar 6.211 atlet. Indonesia mengirim 599 atlet yang terbagi ke berbagai macam cabang olahraga. Berlangsung dari tanggal 5-17 Mei 2023. Meski beberapa perlombaan sudah digelar lebih cepat.

Other Articles

Leave a Reply