banner-top

SEA Games 2023 Resmi Dibuka, Ada Kejadian Bendera Indonesia Terbalik

Gobet Slot Gacor 2023 – SEA Games 2023 resmi dibuka dengan Upacara pembukaannya yang berlangsung meriah di Stadion Nasional Marodoc Techo, Phnom Penh, 5 Mei 2023.

SEA Games 2023 merupakan edisi ke-32 yang digelar di Kamboja dan berlangsung dari tanggal 5-17 Mei 2023. Meski beberapa perlombaan sudah digelar lebih cepat.

Pada Jumat kemarin, 5 Mei 2023, SEA Games 2023 Resmi Dibuka dengan Meriah. Kamboja mengusung tema Sport Live in Peace. Upacara pembukaan berlangsung sejak sore hari sebelum upacara resmi, ada pra upacara yang digelar lebih dulu.

Upacara resminya dibuka pukul 19:00 WIB dan disiarkan lewat siaran Youtube. Sesi pembukaan diwarnai dengan memamerkan kebudayaan Kamboja. Mulai dari tari-tarian dan hingga pementasan tentang Kerajaan Khmer. Kemudian lanjut dinyanyikan lagu resmi SEA Games 2023 berjudul Cambodia Pride.

Puncak acara tentu saja masuknya para perwakilan defile atau pembawa bendera dari tiap negara. Yang pertama keluar adalah Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Kamboja, selaku tuan rumah, masuk paling terakhir ke lapangan dan mendapat sambutan meriah.

Usai sesi defile, digelar pengibaran bendera SEA Games. Sesi berlanjut ke pembacaan janji atlet dan pidato dari Dewan SEA Games, Ketua SEA Games 2023, juga perwakilan IOC, dan terakhir Perdana Menteri Kamboja. Setelahnya, dinyalakan obor SEA Games 2023. Dan SEA Games 2023 resmi dibuka, ada kejadian Bendera Indonesia terbalik.

Indonesia sendiri mengirim 45 orang di acara ini yang terdiri dari atlet dan ofisial, perwakilan Chief de Mission, serta dari Komite Eksekutif NOC Indonesia. Mereka juga ikut dalam defile di opening ceremony SEA Games 2023.

Perwakilan yang membawa Bendera Merah-Putih adalah dari atlet Renang Putri, Flairene Candrea Wonomiharjo. Tema yang dipilih Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2023 adalah Kebinekaan.

SEA Games 2023 diikuti 11 negara peserta, dengan sekitar 6.211 atlet. Indonesia mengirim 599 atlet yang terbagi ke berbagai macam cabang olahraga.

Namun dalam rangkaian pembukaan SEA Games 2023, ada momen dimana bendera Indonesia terbalik. Bendera Indonesia sempat dibawa penari pada momen saat penyanyi lokal membawakan pertunjukkan.

Kejadian bendera Indonesia terbalik sebelumnya juga pernah terjadi di SEA Games 2017 Malaysia. Saat itu, bendera Indonesia tercetak terbalik di buku panduan kegiatan. Saat kejadian ini, sempat bikin heboh dan membuat masyarakat Indonesia marah sehingga pemerintah Malaysia langsung meminta maaf atas kelalaian tersebut.

Mengenai terbaliknya Bendera Merah-Putih di SEA Games 2023 Kamboja, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Lebih lengkapnya bisa di cek di Pembukaan SEA Games 2023, Bendera Indonesia Terbalik, Kamboja Minta Maaf.

Other Articles

Leave a Reply