banner-top

Penantian 46 Tahun Srikandi Basket Indonesia Dapat Emas

Timnas Basket Putri Indonesia merebut medali emas di SEA Games 2023 dan merupakan medali pertama selama 46 tahun di ajang SEA Games.

Basket Putri Indonesia bertemu dengan Tim Putri Singapura di pertandingan keenam pada SEA Games 2023. Yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2, pada Minggu (14/6/2023) pagi WIB.

Sejak awal pertandingan Indonesia tancap gas dan unggul 26-7 pada kuarter pertama. Dan terus tampil menekan di kuarter kedua dan unggul di 43-14. Singapura kesulitan mengejar poin Indonesia dalam dua kuarter terakhir. Indonesia menutup pertandingan dengan skor telak 86-39.

Ini menjadi kemenangan keenam Timnas Basket Putri Indonesia dalam SEA Games 2023. Srikandi Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan dan berhak untuk medali emas. Penantian 46 Tahun Srikandi Basket Indonesia Dapat Emas.

Penanggung jawab Timnas basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja bangga betul dengan perolehan atletnya di multievent SEA Games 2023 Kamboja. Ia speechless karena emas yang ditunggu-tunggu bertahun-tahun lamanya akhirnya sukses didapatkan.

SEA Games pertama kali diadakan pada 1959 di Thailand. Tapi khusus basket putri 5on5 pertama kali berlangsung 1977 di Kuala Lumpur. Saat itu, Timnas basket putri belum mampu lolos grup.

Sementara pencapaian terbaik mereka pada SEA Games 2021 Vietnam yaitu meraih medali perak. Mereka hanya kalah dari Filipina dengan skor 77-93. Sekarang, Timnas basket putri sukses membuktikan diri bahwa mereka mampu menjadi yang terbaik se-Asia Tenggara di SEA Games Kamboja.

“Saya speechless, 64 tahun kita menunggu emas SEA Games untuk basket putri. Dari sejak SEA Games tahun 1959 di Thailand, sampai sekarang, ya saya cuma bisa amaze dengan perjuangan teman-teman,” kata Christopher, dalam keterangannya melalui video, pada Minggu (14/5).

“Saya di sini hanya menyiapkan mereka, membekali mereka saja. Itu tugas saya tapi kerja keras mereka, apa yang mereka lakukan selama latihan, dari kita latihan sejak bulan Agustus sampai saat ini tak berhenti, tak libur, itu semua terbayarkan. 6-0 untuk Indonesia,” dia mempertegas.

Other Articles

Leave a Reply