banner-top

Perpani Usul Cabang Barebow Archery Masuk pada PON 2024

PP Perpani berencana mengusulkan cabor baru untuk dipertandingkan di PON XXI 2024 di Aceh, Sumatera Utara. Cabang itu ialah barebow archery.

Yang disampaikan Wakil Ketua Umum II bidang Pembinaan Prestasi PP Perpani, Abdul Razak pada jumpa persnya di Lapangan Panahan, GBK, hari Rabu (8/3).

Barebow archery merupakan panahan yang tidak menggunakan alat bantu pada busurnya dengan jarak bidikan 50 meter.

“Jadi perbedaan dengan recurve dan compound itu dari peralatannya. Tidak seperti biasanya pada recurve dan compound. Selain itu, jauh lebih sulit, karena tidak memakai alat bantu dan jaraknya memang hanya 50 m, sementara recurve itu kan 70 meter,” kata Abdul.

Abdul juga menjelaskan, meski terbilang barebow ini baru, barebow cukup diminati saat ini baik di Tanah Air maupun negara-negara lain. Dan dia berharap bisa dipertandingkan di PON mendatang.

“Pada pekan lalu, kita mengikuti kejuaraannya di Kuala Lumpur, dan kami menjadi juara umum. Makanya, kami akan memperjuangkan pada Rakernas KONI (12-13 Maret) mendatang agar cabang itu dapat dipertandingkan di Aceh-Sumatra,” ujarnya.

Indonesia sukses merebut 4 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu pada Kejuaraan Barebow se-ASEAN di Kuala Lumpur pada 4-5 Maret kemarin. Karena menjadi juara umum pada Barebow Archery Championship 2024 di Selangor, Malaysia, sehingga Indonesia akan menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan ajang tersebut tahun depan.

“Tentu dengan hasil tersebut bisa menguntungkan kita karena Indonesia memiliki atlet yang siap bertanding di level tersebut (SEA Games),” ujarnya.

Perpani sendiri sedang menggelar ekshibisi untuk cabang barebow di Lapangan Panahan, GBK, pada Rabu (8/3). Total ada sekitar 72 atlet barebow dari 11 provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, banten, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sumatra Utara.

“Ekshibisi ini memperlihatkan bahwa kategori Barebow banyak peminatnya dari semua usia. Hampir semua provinsi memiliki atlet Barebow. Untuk itu, kami akan mendorong kategori ini masuk PON,” ujar Abdul Razak.

Razak juga mengatakan, Perpani akan menyuarakan wacana masuknya kategori Barebow ini pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 12-13 Maret 2023. “Mudah-mudahan bisa karena potensinya besar,” ujar Abdul Razak.

 

 

Other Articles

Leave a Reply