banner-top

PSSI Masih Usahakan Naturalisasi 3 Pemain Walaupun Piala Dunia U-20 Batal

Walaupun Piala Dunia U-20 2023 batal, PSSI masih mengupayakan naturalisasi 3 pemain keturunan, yaitu Ivar Jenner, Rafael Struijk, dan Justin Hubner.

Saat ini, 2 dari 3 pemain tersebut sudah menyetujui untuk jadi WNI dan ikut membela Timnas Indonesia. Sementara 1 pemain mulai berpikir-pikir mengingat batalnya Indonesia main di Piala Dunia U-20.

“Tiga pemain naturalisasi itu karena ada Piala Dunia U-20. Jadi sekarang karena U-20-nya tidak ada, maka kami sekarang bernegosiasi lagi,” kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga, Selasa (11/4/2023).

“Negosiasi ulang apakah mau jadi kita (memperkuat Timnas Indonesia). Dua pemain sudah menunjukkan titik terang, jadi satu lagi ini masih negosiasi,” tambahnya.

Proses naturalisasi ketiga pemain sebenarnya sudah hampir selesai. Karena DPR RI sudah memberikan lampu hijau untuk memberikan status WNI untuk ketiganya pada 20 Maret kemarin.

Ketiga pemain tersebut tinggal melakukan tahap terakhir, yaitu Keputusan Presiden (Keppres). Selanjutnya mereka akan diambil sumpahnya di Kantor Kemenkumham Jakarta.

Namun dikarenakan Piala Dunia U-20 batal, naturalisasi ketiga pemain tersebut akhirnya terpending. Padahal saat itu Jenner, Rafael, dan Justin sudah dipanggil Timnas U-20 untuk Pemusatan Latihan (TC) di Korea yang digelar Bulan April ini jika Piala Dunia U-20 tetap jalan.

Walaupun begitu PSSI sepertinya tetap mengupayakan ketiga pemain tersebut untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pelatih mereka, Shin Tae-yong juga masih berharap ketiganya bisa jadi bagian dari timnya.

Other Articles

Leave a Reply