banner-top

Rencana PSSI Gelar Turnamen Liga 2 dan Liga 3 di Juni 2023

PSSI merencanakan gelar turnamen Liga 2 dan Liga 3 di bulan Juni 2023. Hal ini dilakukan untuk isi kekosongan jadwal karena dihentikannya kedua liga itu.

Diketahui kompetisi Liga 2 diputuskan tidak dilanjutkan menyesuaikan kesepakatan para klub-klub di sarasehan sebelumnya di Surabaya pada 4 Maret kemarin. Dan disepakati kemarin juga jika ada rencana untuk Liga 2 akan punya operator kompetisi yang berbeda.

Sebelumnya, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berada dibawah naungan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dan perbedaan ini dinilai Ketum PSSI akan membuat industri kompetisi Liga 2 meningkat.

“Untuk jangka pendek, kami akan melakukan turnamen Liga 2 dan Liga 3 di Juni sampai September atau Oktober, saat Liga 1 dimulai,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat yang saat itu ada di acara sarasehan sepakbola Asprov PSSI, di Hotel Le Meridien, Minggu (19/3).

“Artinya isu pemain, wasit, dan pelatih menganggur sudah atasi dengan melakukan terobosan menggelar turnamen,” tambahnya.

“Jadi benar-benar selesai Piala Dunia ini akan ada kompetisi Liga 1, lalu turnamen Liga 2 dan Liga 3. Kemudian dilanjutkan kompetisinya pada Oktober atau November,” ujarnya.

Untuk formatnya, Erick Thohir memastikan tidak akan ada perubahan. Justru Liga 1 yang mungkin ada perbedaan sedikit dalam penerapan sistemnya. Sebelumnya, nama format Liga 1 rencananya akan berubah jadi Liga Indonesia.

Selain itu, penambahan pemain asing untuk Liga 1 yakni 5 pemain yang sebelumnya diperbolehkan 3 pemain asing dari Eropa dan sekitarnya, plus 1 pemain asing dari Asia.

“Formatnya sudah dibicarakan tidak berbeda dari sebelumnya, justru Liga 1 ada permintaan dari klub-klub, yang meminta ada perbedaan sedikit, dan itu bagian bagaimana memastikan ekosistem sepak bola menjadi industri olahraga besar,” kata Ketua Umum PSSI.

Other Articles

Leave a Reply