banner-top

Resmi Maskot AWBG Bali 2023, Bli Suksma dan Gek Suksma

KOI bersama Asosiasi National Olympic Committees (ANOC) secara resmi meluncurkan maskot World Beach Games Bali 2023, yaitu Bli Suksma dan Gek Suksma.

Upacara perkebalan maskot dilangsungkan pada kegiatan CdM Seminar Meeting yang dihadiri langsung oleh 69 NOC pada Sabtu (29/4).

Maskot tersebut terinspirasi dari hiu sirip hitam (blacktip shark) yang ada di perairan Indonesia terutama di Bali dan Raja Empat. Menurut Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari hiu sirip hitam merupakan ikonik spesies yang mewakili kekayaan kehidupan laut Indonesia serta mengingatkan pada perlunya lindungi dan pelihara laut kita.

Nama maskot berdasarkan julukan yang sering digunakan pada bahasa Bali untuk menyebut saudara laki-laki (bli) dan saudara perempuan (gek). Untuk Suksma atau Terima Kasih yang menjadi arti bahwa Bali selalu siap memberikan hospitality terbaik. Dan keduanya mewakili semangat keramahan yang ditonjolkan dalam budaya Bali.

“Kami dengan bangga memperkenalkan ‘Bli Suksma’ dan ‘Gek Suksma’ sebagai maskot resmi untuk AWBG Bali 2023. Bli Suksma dan Gek Suksma siap menyambut para delegasi yang akan datang ke Bali pada bulan Agustus nanti. Maskot ini mewakili kegembiraan dan semangat AWBG Bali,” kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam keterangan tertulisnya.

“Dengan menggunakan hiu sirip-hitam sebagai maskot, kami juga meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mempromosikan pelestarian blacktip sharks,” Okto menjelaskan

Lalu Sekretaris Jenderal ANOC, Gunilla Lindberg optimis Indonesia dapat raih sukses di ANOC World Beach Games 2023 di Bali.

“Bali memiliki infrastruktur yang sangat baik, hotel dan lain-lainnya. Kami senang berada di sini. Sisa waktu tiga bulan dan ANOC akan melakukan persiapan yang matang bersama dengan panitia penyelenggara (Indonesia AWBG Organizing Committee),” kata Gunilla.

AWBG Bali 2023 mempertandingkan 14 cabor, yaitu 10 cabor mandatory atau wajib. 10 cabor tersebut Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Beach Volleyball 4×4 and Beach Wrestling. Empat cabor lainnya adalah basket 3×3, AirBadminton, Beach Sprint Rowing dan Surfing.

AWBG sekarang merupakan pergelaran yang ke-2 dan akan dilaksanakan 5-12 Agustus 2023 dan akan dilanjutkan dengan ANOC General Assembly pada 13-15 Agustus 2023.

Other Articles

Leave a Reply