banner-top

Selain di Bali, FIFA juga Tetap Inspeksi Venue di Solo dan Surabaya

Walau FIFA sudah mengumumkan pembatalan pelaksanaan drawing PIala Dunia U-20 2023, FIFA tetap melakukan inspeksi ke stadion-stadion calon venue.

Tim FIFA juga mengunjungi Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Minggu (26/3). Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, menyebut FIFA melakukan pengecekan beberapa fasilitas stadion
“Pengecekan dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi FIFA sebelumnya,” kata Wiwiek.

Wiwiek juga menginfokan jika Stadion Gelora Bung Tomo secara keseluruhan sudah siap menjadi venue Piala Dunia U-20 2023. Sejumlah fasilitas pendukung juga dipastikan berfungsi dengan baik.

“Kami juga memastikan kembali pintu masuk untuk suporter. Jadi, seperti itu tadi yang kami diskusikan. Ada perubahan-perubahan sedikit, akan tetapi bukan mayor. Hal-hal kemarin sudah disampaikan FIFA ke kami. Jadi, kami lebih kepada penyesuaian-penyesuaian,” ujar Wiwiek.

Selain cek Stadion Gelora Bung Tomo, FIFA juga lakukan pengecekan di Lapangan A dan C yang akan dijadikan tempat latihan Piala Dunia U-20 2023. Dan juga fasilitas lain juga dicek oleh FIFA, seperti ruang ganti pemain sampai ruang media.

Dan pada hari Sabtu (25/3) FIFA juga menggelar inspeksi di Stadion Manahan, Solo. Hal ini diungkapkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Rini Kusumandari. Rini menjelaskan, FIFA yang diwakili lima tim melakukan pengecekan terakhir dengan didampingi sejumlah pihak terkait.

“Soal rumput stadion untuk lapangan pertandingan sudah aman dan tribune media sudah selesai juga. FIFA menyebut tak ada masalah. Tetapi rekomendasinya secara resmi belum disampaikan dari FIFA,” ujar Rini Kusumandari.

Tim FIFA terdiri dari 30 orang yang datang di Stadion Manahan Solo pada jam 11:00 WIB. Dalam kunjungannya, FIFA memastikan kesiapan alur parkir serta proses penyampaian informasi yang dipastikan dalam kondisi aman dan siap.

Untuk soal pengamanan akan dirembug bersama antara FIFA, LOC, dan INAFOC yang nantinya akan dikeluarkan rekomendasi secara resmi sepekan kedepan.

Dan setelah dari Stadion Manahan, mereka juga ke Banyuanyar, Kota Barat, Sriwedari, dan Sriwaru. Keempat lapangan ini nantinya akan digunakan sebagai latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023.

Verifikasi tahap akhir yang dilakukan FIFA terhadap 6 stadion pada 21-17 Maret. Selain di Bali, Surabaya, dan Solo, mereka juga akan melakukan penilaian ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dan Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang.

Karena sifatnya ini penilaian, FIFA melakukan pengecekan dan verifikasi secara tertutup.

Other Articles

Leave a Reply