banner-top

Seleksi Timnas U-16 Akan Ada Pemain Berpostur Tinggi jadi Kiper, Bek, dan Striker

Gobet – Tinggi badan juga jadi kriteria Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto melakukan seleksi. Pemain-pemain tinggi khusus untuk posisi kiper, bek, dan striker.

timnas, indonesia, seleksi, garuda muda, timnas muda, timnas u-16

Sebelumnya Nova sudah mengutarakan pemain tinggi sebagai kriteria yang dicarinya. Kali ini ia menjelaskan lebih detail mengenai hal itu.

Gobet – Saat ini timnas Indonesia U-16 sedang mengadakan seleksi pemain untuk gelombang ketiga yang telah dimulai sejak 25-28 Februari. Khusus gelombang 3 ini diikuti oleh 34 pemain atau lebih banyak dari gelombang 1 dan 2 yang diikuti masing-masing 32 pemain.

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama,” kata Nova Arianto seperti dikutip dari laman resmi situs PSSI.

“Terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 Seleksi Timnas U-16 Akan Ada Pemain Berpostur Tinggi jadi Kiper, Bek, dan Strikercm,” ujarnya menambahkan.

Menurut Nova, dalam proses seleksi timnas Indonesia U-16 ini dirinya sedang menyiapkan gen tim nasional untuk ke depannya. Tinggi pemain masih akan bertambah mengingat masih berusia muda.

Gobet – Dengan memilih pemain bertinggi minimal 175 cm, itu berarti ada garansi Indonesia punya pemain jangkung di masa depan. Menurutnya hal itu akan menjadi modal bagus untuk bersaing di level internasional.

“Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik 1 cm pertahunnya,” ucap Nova Arianto.

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm,” tuturnya,

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023. Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia.

Seleksi Timnas U-16 Akan Ada Pemain Berpostur Tinggi jadi Kiper, Bek, dan Striker. Hal tersebut cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan. Pada akhirnya masalah postur tetap menjadi kendala buat Indonesia.

Other Articles

Leave a Reply