banner-top

Shin Tae-yong Beri Semangat Timnas U-20, Mimpilah ke Olimpiade & Piala Dunia

Pelatih Shin Tae-yong memotivasi para pemain Timnas U-20 usai gagal ke Piala Dunia U-20 2023. Dan bisa ditebus dengan tampil di Olimpiade atau Piala Dunia.

Shin Tae-yong berharap para pemain tidak berlama-lama terlarut dalam kesedihan. Baginya, kegagalan ini harus dijadikan motivasi untuk meraih kesuksesan yang lebih baik.

Setiap kegagalan pasti ada hikmahnya, bukan tidak mungkin para pemain Timnas U-20 mungkin nantinya akan dapat pengganti yang lebih baik. Misalnya lolos ke Olimpiade 2024 atau bahkan meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.

“Ada Olimpiade 2024 di Paris dan Piala Dunia 2026. Menurut saya pasti bisa, jika mental pemain lebih kuat dan kemauan lebih tinggi lagi. Saya menilai cukup bisa dengan kemampuan kalian. Jangan terlalu sedih juga gara-gara Piala Dunia U-20 gagal,” kata Shin Tae-yong, dalam pernyataannya yang dirilis PSSI.

“Untuk kesuksesan personal kalian, saya mohon bekerja keras dengan melawan diri sendiri. Ini olahraga, sepakbola, kalau kita mencari aman itu berarti sudah kalah. Jangan mau cari aman di sepakbola ini, kalian harus selalu melawan diri sendiri. Kalau begitu akan mendapat kesuksesan,” tambahnya.

Shin Tae-yong juga menilai tidak ada gunanya meratapi kegagalan yang sudah jadi keputusan FIFA yang tidak bisa ditawar lagi. Menurut pengalamannya saat aktif bermain, pemain sepakbola harus punya target tinggi. Gagal tampil di Piala Dunia U-20 bukan akhir dari segalanya.

“Ini (Piala Dunia U-20) sudah berlalu, jangan pikirannya ke sini terus. Lepas semua, harus melihat yang lebih jauh, lebih tinggi,” katanya.

“Apalagi pemain di sini masih muda, jangan kehilangan mimpi kalian. Harus melihat mimpi kalian lebih tinggi dan lebih jauh lagi,” ujar Shin Tae-yong.

Cara untuk Indonesia tampil di Olimpiade 2024 adalah dengan jadi semifinal Piala Asia 2023. Lalu untuk tampil di Piala Dunia 2023, sementara ini Timnas Indonesia harus memperebutkan 4+1 slot play-off babak Kualifikasi yang akan digelar dengan 5 putaran.

Other Articles

Leave a Reply