banner-top

AFC Rilis Drawing Piala Asia 2023, Indonesia Masuk Pot 4

AFC secara resmi merilis pot untuk drawing Piala Asia 2023. Timnas Indonesia masuk di Pot 4 dengan India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, dan Hongkong.

Penentuan pot ini berdasarkan pada peringkat negara-negara Piala Asia di ranking FIFA. Kabarnya mereka merilis peringkat terbaru sesuai periode FIFA Matchday yang berlangsung pada akhir Maret.

Timnas Indonesia naik ke ranking ke-149 pada daftar tersebut. Kenaikan peringkat ini dari hasil sekali menang dan sekali imbang pada pertandingan FIFA Matchday Burundi kemarin.

“Undian Final Piala Asia Qatar 2023 yang sangat dinantikan, yang akan berlangsung pada 11 Mei 2023, pukul 14.00 (waktu setempat), di Doha, Qatar, kini telah dikonfirmasi setelah rilis FIFA terbaru peringkat dunia,” tulis pernyataan AFC, Jumat (7/4).

“Qatar menempati posisi pertama di Pot 1 menjelang pengundian yang akan diadakan di Gedung Opera Katara untuk memastikan lawan negara tuan rumah (Qatar) di turnamen dengan pertandingan pembukaan yang dijadwalkan pada 12 Januari, 2024,” lanjut pernyataan itu.

Untuk Pot 1 adalah tim peringkat kedua sampai keenam di Asia pada ranking FIFA terbaru, mereka adalah, Jepang (juara 4 kali), Iran (juara 3 kali), Korea Selatan (juara 2 kali), lalu Australia (juara 2015), dan Arab Saudi.

Pot 2 terdiri dari juara edisi 2007, yaitu Irak, Uni Emirat Arab, Oman, Uzbekistan, lalu ada China yang dua kali jadi runner-up, dan juga Yordania.

Pot 3 berisi tim dari Bahrain, Suriah, Palestina, Vietnam, Republik Kyrgyz, dan Lebanon.

Sama seperti tahun 2019 di Uni Emirat Arab, 24 tim akan dibagi jadi 6 grup yang masing-masing terdiri dari 4 tim di Grup A sampai F. Tim peringkat 2 teratas dan 4 tim urutan ketiga terbaik maju ke babak 16 besar kompetisi.

Other Articles

Leave a Reply